Relevansi Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Ghofilin Dengan 18 Nilai PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Ihsan, Zidni (2024) Relevansi Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Ghofilin Dengan 18 Nilai PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141318_prabab.pdf

Download (475kB)
[img] Text
932141318_bab1.pdf

Download (729kB)
[img] Text
932141318_bab2.pdf

Download (621kB)
[img] Text
932141318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
932141318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
932141318_bab5.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932141318_daftar_pustaka.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK M. ZIDNI FAUZI, Dosen Pembimbing MUNIRON dan IMAM MASRUR, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam kitab Tanbihul Ghofilin dan relevansinya dengan 18 Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Abu Laits as-Samarqandi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian skripsi ini di latarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa posisi pendidikan akhlak mulai tergeser. Kitab Tanbihul Ghofilin merupakan sebuah kitab yang mengkaji tentang ujaran-ujaran para sahabat dan hadist-hadist Rasulullah SAW tentang syari‟at dengan sentuhan akhlak-tasawuf. Inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bagaimana pendidikan karakter atau akhlak yang ada dalam kitab Tanbihul Ghofilin, karena islam menganggap bahwa karakter atau akhlak merupakan hal yang sangat penting, dan harus di miliki oleh setiap orang. Selain itu peneliti juga berupaya menganalisis relevansi antara pendidikan karakter yang ada dalam kitab Tanbihul Ghofilin karya Abu Laits as-Samarqandi dengan 18 nilai Penguatan Pendidikan Karakter, sehingga dengan di lakukannya penelitian ini di harapkan dapat membantu memaksimalkan implementasi dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Gofilin. (2) Untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Tanbihul Ghofilin dengan 18 nilai PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Jenis penelitian ini studi kepustakaan. Dalam hal ini, peneliti bermaksud untuk menelaah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Ghofilin karya Abu Laits as-Samarqandi dan relevansinya dengan 18 nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Al Faqih Imam Abu Laits as-Samarqandi menjelaskan dalam kitab Tanbihul Ghofilin tentang nilai pendidikan akhlak atau karakter sangat penting dan merupakan gambaran singkat bahwa islam sangat menguatamakan pendidikan akhlakatau karakter dalam kitab Tanbihul Ghofilin meliputi: Khauf, taubat, dzikir, wira‟I, haya‟, memenuhi hak kedua orangtua, menjaga lisan, Rahmat dan kasih saying, Amar makruf nahi munkar, silaturrahmi, mendamaikan perselisihan dan melenyapkan dendam, menyantuni anak yatim, dan beramal dengan ilmu. Adapun hasil dari penelitian yang di lakukan dari nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Ghofilin karya Abu Laits as-Samarqandi relevan dengan nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di berlakukan di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan adanya persmaan esensi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Ghofilin dengan nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), walaupun ada beberapa nilai akhlak atau karakter menggunakan istilah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M ZIDNI FAUZI
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:19
Last Modified: 07 Jun 2024 06:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item