JUNIAWAN, FENDI (2018) PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL LIMA HARI SEKOLAH DI SMKN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123414_PRA BAB.pdf Download (2MB) |
|
Text
932123414_BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
932123414_BAB II.pdf Download (521kB) |
|
Text
932123414_BAB III.pdf Download (346kB) |
|
Text
932123414_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
932123414_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
932123414_BAB VI.pdf Download (328kB) |
|
Text
932123414_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Lima Hari Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam pada sekolah dengan model Lima Hari Sekolah (LHS), fokus penelitian pada (1) bagaimana manajemen kurikulum, guru PAI dan siswa , serta (2) bagaiaman manajemen sarana prasarana di SMKN 1 Kota Kediri dalam pelaksanaan sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Lima Hari Sekolah, serta untuk (3) mendeskripsikan apa saja metode pembelajaran yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan sistem pembelajaran dengan model Lima Hari Sekolah di SMKN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber yang tertulis dan sumber tidak tertulis (berupa kata-kata dan tindakan). Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, dan menganalisis lebih detail dengan meng-coding data. Untuk memenuhi keabsahan data, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen kurikulum, guru dan siswa di SMKN 1 Kediri telah berjalan baik, yaitu adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian (POAC) sehingga kurikulum, guru PAI dan siswa dapat menjalankan sistem pembelajaran PAI dengan baik. Sementara itu, (2) Manajemen sarana prasarana juga berjalan baik, sehingga sarana-prasarana dapat mendukung berjalannya sistem pembelajaran PAI, namun masih ditemukan beberapa penghambat, yaitu sarana buku pelajaran siswa yang jumlahnya masih belum mencukupi untuk seluruh siswa, serta prasarana berupa LCD proyektor dan kipas angin belum berfungsi secara optimal, dari segi metode pembelajaran, ditemukan bahwa (3) Metode-metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI sudah baik dan termasuk metode pembelajaran berbasis student centered, yaitu metode praktikum (demonstrasi atau eksperimen), diskusi, tanya jawab dan resitasi atau penugasan serta metode presentasi kelompok (atau metode kerja kelompok). Namun masih terdapat metode yang bukan berbasis student centered yaitu metode ceramah, metode pembiasaan pada siswa (sholat berjamaah) serta metode penugasan mencatat dan merangkum materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1307 |
Actions (login required)
View Item |