YUSUP, DIANA (2024) Kematangan Emosi Dan Dukungan Sosial Dari Kelompok Teman Sebaya (Studi Kasus: Kelas 10 Madrasah Aliyah Ummul Qura Tangerang Selatan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933410019_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
933410019_bab1.pdf Download (440kB) |
|
Text
933410019_bab2.pdf Download (499kB) |
|
Text
933410019_bab3.pdf Download (359kB) |
|
Text
933410019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text
933410019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
933410019_bab6.pdf Download (282kB) |
|
Text
933410019_daftarpustaka.pdf Download (348kB) |
|
Text
933410019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
933410019_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (199kB) |
Abstract
Fenomena terkait kematangan emosi yang dapat dipengaruhi oleh dukungan teman sebaya yang terjadi di MA Ummul Qura ini, peneliti menulis berdasarkan wawancara singkat dengan M yang merupakan salah satu guru pengajar disana. Informan M menjelaskan bahwa kelas 10 tentunya tidak mudah dalam beradaptasi untuk mengetahui karakter antar individu supaya bisa saling memahami satu sama lain. Dari setiap karakter tentunya memiliki kematangan emosi dan penyikapan yang berbeda. Tapi seiring berjalannya waktu mereka bisa saling menerima perbedaan yang terjadi pada teman sebayanya dan setelah menemukan goals yang satu tujuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kulaitatif yang sumber informannya dibagi tiga orang perempuan dan tiga orang laki-laki yang berasal dari kota berbeda. Penelitian ini, dilaksanakan di Madrasah Aliyah Ummul Qura Tangerang Selatan. Adapun kriteria subyek, berusia 15 tahun, kelas 10, memiliki kelompok teman sebaya dan berasal dari daerah yang berbeda. Kemantangan emosional sangat mempengaruhi adaptasi seorang siswa terhadap kelompok di sekolahnya. Ada empat aspek yang menjadi aspek atau tanda seorang siswa beradadalam kematangan emosi yaitu: sikap untuk belajar, memilki rasa tanggung jawab,berkomunikasi secara efektif dan menjalin hubungan sosial, dari empat tanda tersebut yang dirasakan oleh siswa kelas 10 MA Ummul Qura ialah liingkungan mengajarkan cara beradaptasi, pengalaman bergaul dan komunikasi yang dibandingkan antara tempat tinggal mereka dengan lingkungan sekolah. Kemudian bnetuk dukungan sosial yang didapatkan oleh informan yang disampaikan dalam wawancara, merasa terbantu dengan hal-hal sederhana yang dirasa tidak bisa diselesaikan oleh subyek. Selain itu merasa terbantu dengan adanya pengajaran seorang senior pada para subyek dengan memberitahu informasi terkait cara bergaul, cara berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | DIANA YUSUF |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:42 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13056 |
Actions (login required)
View Item |