Transgender Dalam Perspektif Tafsir Kontemporer (Analisis Penafsiran Qs. al-Nisā’ [4]: 119 dan Qs. al-Rūm [30]: 30 dalam Kitab Tafsir al-Mishbāh, Tafsir al-Munīr, dan Tafsir al-Munīr Marāh Labīd)

Hidayah, Tarisa Amaliana (2023) Transgender Dalam Perspektif Tafsir Kontemporer (Analisis Penafsiran Qs. al-Nisā’ [4]: 119 dan Qs. al-Rūm [30]: 30 dalam Kitab Tafsir al-Mishbāh, Tafsir al-Munīr, dan Tafsir al-Munīr Marāh Labīd). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933806819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933806819_bab1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
933806819_bab2.pdf

Download (438kB)
[img] Text
933806819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
933806819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
933806819_bab5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
933806819_daftarpustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

TARISA AMALIANA HIDAYAH, Dosen Pembimbing Dr. H. Taufiqurrahman, M.Ag. dan Yuliana Desi Rahmawati, S.Th.I, M.Ag., TRANSGENDER DALAM PERSPEKTIF TAFSIR KONTEMPORER (Analisis Penafsiran Qs. al-Nisā’ [4]: 119 dan Qs. al-Rūm [30]: 30 dalam Kitab Tafsir al-Mishbah, Tafsir al-Munīr, dan Tafsir al-Munīr Marāh Labīd), Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Transgender, al-Qur’an, tafsir kontemporer Transgender menjadi isu aktual yang hingga saat ini masih menjadi polemik di masyarakat. Jika dicermati lebih dekat, penyebutan transgender tidak hanya digunakan untuk menyebutkan seseorang yang merubah gendernya secara sosial, tetapi tindakan tersebut juga dapat sampai pada merubah kodratnya dari laki-laki menjadi perempuan, begitupun sebaliknya. Yang menjadikan penulis tertarik mengkaji tema ini adalah bagaimana mengetahui aspek-aspek yang berkaitan dengan transgender dan bagaimana menganalisis penafsiran Quraish Shihab, Wahbah az-Zuhaili, dan Nawawi al-Bantani atas perilaku transgender dalam Qs. al-Nisā’ [4]: 119 dan Qs. al-Rūm: [30]: 30. Tujuan dalam penelitian ini adalah supaya mengetahui beberapa aspek sosial maupun kesehatan yang harus ditinjau kembali dari perilaku transgender dan agar sesuatu itu menjadi lebih jelas dengan menganalisis beberapa kitab tafsir kontemporer sehingga ditemukan persamaan dan perbedaan penafsirannya. Teori dan metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian library research, artinya sumber data utama penelitian ini adalah perpustakaan. Data yang digunakan bersumber dari buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dalam judul ini. Adapun metode yang digunakan penulis adalah metode komparatif yaitu antara tafsir al-Mishbāh, tafsir al-Munīr, dan tafsir al-Munīr Marāh Labīd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa aspek sosial, hukum, kesehatan maupun lingkungan disekitar sudah banyak terjadi perubahan, salah satunya dari segi kesehatan pernah menyatakan transgender adalah sebuah penyakit namun pada saat ini hanya tergolong pada ketidaksesuaian gender. Beberapa mufassir memang belum ada yang secara konkret mengaitkan teks al-Qur’an pada konteks fenomena transgender. Dengan adanya analisis persamaan dan perbedaan antara tafsir al-Mishbah, tafsir al-Munīr, dan tafsir al-Munīr Marāh Labīd maka akan tampak persamaan dan perbedaan penafsirannya. Salah satu hasil analisis komparatif pada QS. al-Nisā’ [4]: 119 ketiga tafsir ini menjelaskan bujuk rayu setan dalam kesenangan duniawi sesuai dengan terjemah al-Qur’an. Perbedaannya tidak begitu signifikan, dalam hal perubahan ciptaan Allah, menurut Quraish Shihab dapat juga merubah fungsi seperti menyembah binatang, menurut Wahbah az-Zuhaili menyebutkan merubah asal usul ciptaan yang bertentangan dengan aslinya, sedangkan menurut Imam an-Nawawi termasuk secara jelas perilaku lelaki yang banci dan perempuan yang tomboy.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: TARISA AMALIANA HIDAYAH
Date Deposited: 22 May 2024 08:32
Last Modified: 22 May 2024 08:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12940

Actions (login required)

View Item View Item