Strategi Dakwah Yayasan Sosial Dan Pendidikan Al-Huda Insan Kamila Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri

Nisak, Laila Khoirun (2024) Strategi Dakwah Yayasan Sosial Dan Pendidikan Al-Huda Insan Kamila Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933504019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933504019_bab1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
933504019_bab2.pdf

Download (592kB)
[img] Text
933504019_bab3.pdf

Download (309kB)
[img] Text
933504019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933504019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
933504019_bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
933504019_daftar_pustaka.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Laila Khoirun Nisak, Dosen Pembimbing Dr Ropingi, M.Pd, dan Saiful Mujab, S.Th.I,MA, Strategi Dakwah Yayasan Sosial dan Pendidikan Al-Huda Insan Kamila Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuludin dan Dakwah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci: Strategi Dakwah, Yayasan Sosial, Pendidikan Yayasan sosial dan pendidikan adalah merupakan sebuah tempat untuk memberikan kemanfaatan dan kepedulian kepada masyarakat. Dalam kegiatanya tentu tidak lepas dari kegiatan dari dakwah sosial. Strategi dakwah merupakan cara yang digunakan untuk memberikan arahan secara langsung kepada masyarakat dan santri yang berada di yayasan, dakwah yang digunakan cara Bil Hal atau secara lisan. Dakwah secara Bil Hal dalam yayasan akan semakin memberikan tujuan terkait dengan berbagai fakta progam-progam pemberdayaan yang telah dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah secara sosial kepada masyarakat melalui programnya, faktor pendukung dan penghambat kegiatan dakwah sosial yang dilakukan oleh Yayasan Sosial dan Pendidikan Al-huda Insan Kamila Desa grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, informan pada penelitian ini berasal dari pihak YASPENDA yang memegang jabatan sebagai pengurus yayasan, ketua pemberdayaan di yayasan dan tokoh masyarakat yang sering mengikuti program di yayasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa Yayasan Sosial dan Pendidikan Al-Huda Insan Kamila sudah menerapkan Teori Sosial dalam kegiatan sosial di masyarakat, diantaranya adalah pertama, fakta sosial yayasan melakukan berbagai fakta-fakta sosial yang telah diterapkan dimasyarakat seperti: santunan anak yatim, bakti sosial, kajian kitab, pelatihan keterampilan,, dan lembaga pendidikan. Kedua, solidaritas sosial yayasan tentunya memberikan pola hidup secara bersama dan perbedaan yang timbul antar individu dalam bermasyarakat, solidaritas sosial yang telah dilakukan yayasan kepada masyarakat ialah memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Ketiga, kontrol sosial dalam berdakwah, yayasan tentunya memberikan arahan sebagai bentuk kontrol sosial secara langsung, adapun dakwah yang telah dilaksakannya ialah mengadakan kegiatan pengajian setiap sebulan sekali dan melakukan pembinaan dan konsultasi keluarga sakinah. Keempat, perubahan sosial dakwah yang dilakukan yayasan kepada masyarakat ini ialah mayarakat dapat terbantu oleh fakta- fakta sosial sebagai program kesejahteraan atau pemberdayaan dan adanya tindakan kepedulian masyrakat kepada yayasan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Laila Khoirun Nisak
Date Deposited: 21 May 2024 07:53
Last Modified: 21 May 2024 07:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item