Pengaruh penggunaan media sosial dan peer group terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada remaja Muslim di Kota Kediri

Lisa, Nur (2024) Pengaruh penggunaan media sosial dan peer group terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada remaja Muslim di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933703819_prabab.pdf

Download (442kB)
[img] Text
933703819_bab 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
933703819_bab 2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
933703819_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
933703819_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
933703819_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
933703819_bab 6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
933703819_daftarpustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9337003819_suratpernyataan.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara penggunaan media sosial dan kelompok sebaya (peer group) terhadap perilaku konsumtif dalam mengkonsumsi produk fashion pada remaja Muslim di Kota Kediri. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang telah disusun dan disebarkan kepada 100 sampel remaja Muslim di Kota Kediri sebagai responden. Data yang telah terkumpul kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan alat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah disusun, serta dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan analisis teori dari Max Weber yaitu tindakan sosial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara parsial antara penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada remaja muslim. Dapat dilihat pada nilai sig. 0,000 < 0,05, artinya H01 ditolak sedangkan Ha1 diterima. Nilai koefisien determinasi pada R square menunjukkan 0,563, yang artinya sebesar 56,3% dari variabel Y dipengaruhi oleh variabel X1 dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya (2) terdapat pengaruh secara parsial antara peer group terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada remaja muslim. Dapat dilihat pada nilai sig. 0,000 < 0,05, artinya H02 ditolak sedangkan Ha2 diterima. Nilai koefisien determinasi pada R square menunjukkan 0,509, yang artinya sebesar 50,9% dari variabel Y dipengaruhi oleh variabel X2 dan sisanya dipengaruhi variabel lainnya (3) terdapat pengaruh secara simultan antara penggunaan media sosial dan peer group terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada remaja muslim. Dapat dilihat pada nilai sig. 0,000 < 0,05, artinya H03 ditolak sedangkan Ha3 diterima. Nilai koefisien determinasi pada R square menunjukkan 0,692, yang artinya sebesar 69,2% dari variabel Y dipengaruhi oleh variabel X1 dan X2, sisanya dipengaruhi variabel lainnya diluar dari penelitian ini. Kata Kunci: Penggunaan media sosial, Peer group, Perilaku konsumtif produk fashion, Remaja muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: NUR LISA
Date Deposited: 20 May 2024 07:17
Last Modified: 20 May 2024 07:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item