Pesan Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers” Melalui Akun Youtube Jeda Nulis

Anwar, Mochammad Alvin Bachtiar (2024) Pesan Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers” Melalui Akun Youtube Jeda Nulis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933513618_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
933513618_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
933513618_bab2.pdf

Download (490kB)
[img] Text
933513618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
933513618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
933513618_bab5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
933513618_daftarpustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Pesan dakwah dapat disampaikan baik secara lisan maupun tulisan, dan umumnya melibatkan tiga komponen utama: pesan akidah, pesan syariah, dan pesan akhlak. Salah satu bentuk penyampaian pesan dakwah dapat ditemukan dalam konten YouTube, seperti dalam Podcast “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers,” yang diunggah di kanal YouTube JedaNulis. Podcast ini menampilkan obrolan antara Habib Husein Ja’far dan Sujiwo Tejo, membahas filosofi negeri jancukers. Negeri ini merupakan hasil kontemplasi Sujiwo Tejo yang memuat kritik sosial terhadap kondisi masyarakat saat ini. Dialog tersebut dapat menjadi bahan refleksi mengenai pandangan hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan Analisa wacana kritis model Van Dijk untuk menganalisa pesan yang ada pada podcast “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers”. Analisa wacana kritis tidak hanya fokus pada teks saja melainkan juga pada dimensi kognisi sosial dari pembuat video dan konteks sosial masyarakat. Sehingga melalui analisis tersebut pesan dakwah yang ingin disampaikan dapat dianalisis lebih jelas. Analisis teks sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni struktur mikro, superstruktur dan struktur makro. Ketiga bagian ini dapat dibagi lagi menjadi enak bagian, yakni tematik, skematik, semantik, sintakis, stilistik dan retoris. Produksi teks “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers” tidak dapat dilepaskan dari kognisi sosial Habib Husein Ja’far dan konteks sosial yang pada saat itu sedang maraknya wabah Covid-19, dimana terjadi perubahan kesadaran dan prilaku masyarakat. Akibatnya timbul kecemasan berlebih dalam masyarakat dan memaksa untuk memaknai ulang kehidupan pasca terjadinya pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini ialah jenis kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil dari penelitian dalam podcast “Ngobrol Bareng Presiden Negeri Jancukers” melalui akun youtube Jeda Nulis, terdapat pesan-pesan dakwah yang meliputi pesan akidah, yaitu: Beriman Kepada Allah. Pesan Syariah, yaitu: Keteguhan dalam menjalankan ibadah apapun kondisinya. Pesan akhlak, yaitu: menjalin hubungan baik antar umat manusia, ikhlas dan sabar dalam menjalani masalah hidup. Pesan dakwah dalam podcast tersebut didominasi oleh pesan akhlak .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MOCHAMMAD ALVIN BACHTIAR ANWAR
Date Deposited: 16 May 2024 06:36
Last Modified: 16 May 2024 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item