Peran Strategi Fundraising Infaq Melalui Program Donatur Tetap Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada NU CARE LAZISNU MWC Prambon)

Anwar, Mohammad Ibrahim Nuril (2024) Peran Strategi Fundraising Infaq Melalui Program Donatur Tetap Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada NU CARE LAZISNU MWC Prambon). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934213719_prabab.pdf

Download (718kB)
[img] Text
934213719_bab1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
934213719_bab2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
934213719_bab3.pdf

Download (27kB)
[img] Text
934213719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
934213719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
934213719_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
934213719_daftarpustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
934213719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Ibrahim Nuril Anwar, 2024. Peran Strategi Fundraising Infaq Melalui Program Donatur Tetap Dalam Meningkatkan Jumlah Donasi (Studi Pada NU CARE LAZISNU MWC Prambon). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Sulistyowati, SHI, MEI (2) Yuliani, M.M. Kata Kunci: Strategi Fundraising, Infaq, Donasi. Strategi fundraising merupakan pondasi utama pada sebuah lembaga amal, zakat, infaq, dan shodaqoh yang berguna untuk mendapatkan donasi dari para donatur atau masyarakat serta memaksimalkan perolehan jumlah donasi. NU CARE LAZISNU MWC Prambon sebagai salah satu lembaga nirlaba juga turut menjalankan strategi fundraising infaq melalui berbagai program, salah satunya Donatur Tetap. Adanya strategi fundraising infaq melalui program tersebut untuk memaksimalkan perolehan infaq dari program sebelumnya yang telah berjalan. Metode yang digunakan yaitu direct fundraising. Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi fundraising infaq program Donatur Tetap di NU CARE LAZISNU MWC Prambon dan bagaimana peran strategi fundraising infaq program Donatur Tetap dalam meningkatkan jumlah donasi di NU CARE LAZISNU MWC Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil wawancara dengan rais syuriah MWCNU Prambon, ketua lembaga, sekretaris, ketua koordinator program Donatur Tetap, anggota Donatur Tetap, dan penerima manfaat. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui laporan keuangan NU CARE LAZISNU MWC Prambon dan website. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan terjun langsung ke lapangan, menentukan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahapan terakhir yaitu tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi fundraising infaq program Donatur Tetap di NU CARE LAZISNU MWC Prambon menggunakan metode direct fundraising dilaksanakan secara offline dengan petugas mengunjungi rumah donatur. Strategi yang digunakan pada program yaitu menciptakan program inovatif, memanfaatkan basis warga NU, memperhatikan waktu pelaksanaan, menjaga kepercayaan donatur, hingga meningkatkan pelayanan dan harmonisasi. (2) peran strategi fundraising infaq program Donatur Tetap dalam meningkatkan jumlah donasi di NU CARE LAZISNU MWC Prambon. Pelaksanaan strategi fundraising menggunakan metode direct fundraising yang dijalankan NU CARE LAZISNU MWC Prambon dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan kedekatan antara lembaga dengan masyarakat atau donatur. Dengan adanya strategi tersebut berperan dalam meningkatkan jumlah donasi untuk menjalankan program lembaga serta penguatan jam'iyyah dan organisasi Nahdlatul Ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: M. Ibrahim Nuril Anwar
Date Deposited: 20 May 2024 07:41
Last Modified: 20 May 2024 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item