Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Jual Beli Es Moni Di Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk

Marjo, Shinta Pramesti Kyai (2024) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Jual Beli Es Moni Di Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20302051_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20302051_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
20302051_bab2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
20302051_bab3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
20302051_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
20302051_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
20302051_bab6.pdf

Download (48kB)
[img] Text
20302051_daftarpustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
20302051_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MARJO, SHINTA PRAMESTI KYAI. Dosen pembimbing Dr. H. ABDULLOH MUNIR, Lc, M. H. I dan PANDI RAIS., M.Pd., Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Jual Beli Es Moni Di Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Jual Beli, Es Moni, Sosiologi Hukum Islam. Jual beli yang sering dijumpai di kalangan masyarakat adalah jual beli makanan dan minuman. Namun dalam mengonsumsi makanan dan/ atau minuman ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti minuman yang dikonsumsi haruslah bermanfaat bagi tubuh yang mengandung kehalalan di dalamnya, dimulai dari komposisi, cara mengolahnya dan cara mengonsumsi produk tersebut. Tentunya dengan cara-cara yang telah disyari’atkan dalam Islam. Minuman yang beredar di masyarakat sekarang yaitu minuman keras (miras) dan minuman beralkohol marak diperjualbelikan. Salah satunya pada warung-warung yang berada di wilayah Desa Jatigreges Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk yang di dalamnya dijual minuman keras atau minuman yang berbahan dasar alkohol lainnya, yaitu es moni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik jual beli es moni di Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk serta mendeskripsikan tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap jual beli tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung kepada para pelaku dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teliti, dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian dijelaskan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli es moni di Desa Jatigreges Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk berawal dari para pelaku mencoba membuat es moni untuk dikonsumsi diri sendiri, ada yang berawal dari seorang teman yang datang membawa es moni dan juga mendapatkan minuman ini dari temannya. Penjual menawarkan minumannya melalui teman-teman yang datang ke warung dengan cara gratis dan menawarkan kepada anak-anak yang ada di lingkungan sekitar kemudian menyuruh untuk dipromosikan kepada teman-temannya. Setiap penjual mematok harga yang berbeda-beda. Komposisi untuk membuat es moni semua warung sama, yaitu minuman suplemen (extrajoss, kukubima, hemaviton), susu, es batu, dan arak. Semua komposisi ini penjual dapatkan dari para tengkulak. Faktor-faktor yang melatarbelakangi para pelaku tetap mengonsumsi dan melaksanakan jual beli disebabkan oleh 5 faktor, yaitu: faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor pemahaman hukum Islam yang dimiliki pelaku, faktor rendahnya pendidikan dan faktor kurangnya pengawasan dari pihak pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SHINTA PRAMESTI KYAI MARJO
Date Deposited: 15 May 2024 06:38
Last Modified: 15 May 2024 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item