Nangimah, Nuzulia Ulfy (2018) PERAN GURU DALAM PENERAPAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM BAITUL ‘IZZAH NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123514_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932123514_BAB I.pdf Download (129kB) |
|
Text
932123514_BAB II.pdf Download (232kB) |
|
Text
932123514_BAB III.pdf Download (105kB) |
|
Text
932123514_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932123514_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
932123514_BAB VI.pdf Download (67kB) |
|
Text
932123514_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Penerapan Budaya Religius Datangnya era globalisasi yang membawa penjajahan baru dalam bidang kebudayaan yang menyasar generasi muda sehingga menyebabkan degradasi moral di kalangan remaja. Maka dari itu diperlukan tindakan preventif dengan membentuk benteng yang kuat dalam diri anak melalui internalisasi nilai-nilai agama Islam baik di rumah maupun di sekolah. Untuk mendukung internalisasi nilai-nilai agama Islam di sekolah dibutuhkan penerapan budaya religius. Di SMP Islam Baitul „Izzah budaya religiusnya sudah terlaksana dengan baik, semua itu berkat kepedulian dan peran dari semua warga sekolah terutama guru. Berdasarkan hal tersebut peran guru menjadi penting dalam upaya tercipta dan terlaksananya budaya religius di sekolah. Sehingga dalam penelitian ini peneliti tertarik mengkaji permasalahan sebagai berikut: 1) Apa saja budaya religius yang ada di SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk, 2) Bagaimana bentuk partisipasi guru dalam penerapan budaya religius di SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk, 3)Apa saja kendalayang dihadapi guru dalam penerapan budaya religiusdi SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta disempurnakan dengan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Budaya religius yang ada di SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk, yaitu: a) 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), b) Shalat wajib dan shalat sunah berjamaah, c) Mengaji Ummi dan d) Infaq Jum‟at. 2) Bentuk partisipasi guru dalam penerapan budaya religius di SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk, yaitu: a) Keteladanan, b) Pembiasaan dan c) Motivasi. 3) Kendalayang dihadapi guru dalam penerapan budaya religiusdi SMP Islam Baitul „Izzah Nganjuk, yaitu: a) Kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya menjalankan ibadah dengan baik dan b) Kurangnya dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 05:37 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 05:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |