Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023

Nafi’, M Nurotama Ilman (2023) Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201011_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201011_bab1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
20201011_bab2.pdf

Download (210kB)
[img] Text
20201011_bab3.pdf

Download (143kB)
[img] Text
20201011_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
20201011_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
20201011_bab6.pdf

Download (111kB)
[img] Text
20201011_daftarpustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
20201011_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

ABSTRAK M. Nurotama Ilman Nafi’, Dosen Pembimbing H. Saifullah, M. Ag dan Sufirmansyah, M. Pd.I. Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Fiqih Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Nganjuk dan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi media pembelajaran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena media pembelajaran menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pembelajaran yang efekti harus dengan pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus bisa meningkatkan aktivitas siswa sehingga motivasi belajar siswa juga meningkat. Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bisa berpengaruh kepada psikologis siswa, sehingga siswa akan mempunyai keinginan dan juga semangat yang kuat dalam belajar. Adapun jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan memakai pendekatakn kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan dari hasil penelitian secara langsung di lapangan. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Nganjuk, dengan melibatkan narasumber guru dan juga siswa yang ada di MTsN 3 Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu 1) Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Nganjuk seperti (media ppt, audiovisual, alat peraga dan labolatorium agama. 2) motivasi belajar siswa setalah pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MTsn 3 Nganjuk diantaranya yaitu motivasi siswa meningkat dengan penggunaan media pembelajaran seperti ppt, audiovisual dan alat peraga. Indikator meningkatnya motivasi belajar ditandai dengan gairah belajar siswa meningkat, semangat siswa meningkat, mandiri dalam proses pembelajaran, serta tidak menganggap kesulitan sebagai ujian yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.NUROTAMA ILMAN NAFI`
Date Deposited: 08 May 2024 04:33
Last Modified: 08 May 2024 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item