Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Gurah

Alwiyah, Asyiqotul (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak siswa di SMP Negeri 2 Gurah dan Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Gurah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap waka kurikulum, guru PAI, guru bimbingan konseling, dan perwakulan siswa SMP Negeri 2 Gurah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data dalm penelitian yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dan tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Akhlak siswa di SMP Negeri 2 Gurah terbagi menjadi tiga, yaitu akhlak terhadap Allah sudah baik, siswa melaksanakan sholat, istigosah, membaca al qur’an, rebana dan kegiatan keagamaan lainnya. Akhlak terhadap manusia cukup baik, yakni terhadap guru dan siswa lainnya. Siswa saling berbagi makanan dan informasi, siswa saling menyapa apabila bertemu dengan gurunya. Akhlak terhadap lingkungan masih kurang, masih terdapat siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan terdapat tanaman yang mati dan layu. 2) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Gurah, yang pertama, melalui variasi metode pembelajaran yaitu dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat dan metode hukuman. Kedua, melalui program sekolah yang terdiri dari kegiatan ekstrakurikuler, seperti kegiatan pramuka, rebana, baca tulis al qur’an. Dan kegiatan kokurikuler yaitu kegiatan yang dilakukan diluar kelas seperti baca tulis al’qur’an dan praktek ibadah. Ketiga, melalui kerjasama pihak-pihak sekolah yang terdiri dari kerjasama dengan kepala sekolah, kerjasama dengan sesama guru PAI, kerjasama dengan orang tua wali dan kerjasama dengan lembaga/masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 May 2024 03:25
Last Modified: 08 May 2024 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item