Ningsih, Nonik Sri Pratiwi (2023) Dampak Pola Asuh Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun Tirtomulyo, Desa Joho, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933414919_prabab-2.pdf Download (324kB) |
|
Text
933414919_bab1.pdf Download (351kB) |
|
Text
933414919_bab2.pdf Download (202kB) |
|
Text
933414919_bab3.pdf Download (415kB) |
|
Text
933414919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933414919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
933414919_bab6.pdf Download (168kB) |
|
Text
933414919_daftarpustaka.pdf Download (407kB) |
|
Text
933414919_sp.pdf Download (177kB) |
Abstract
ABSTRAK NONIK SRI PRATIWI NINGSIH. Pembimbing (1) Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag. Dan pembimbing (2) Shofi Mirwani, M.Psi, Psikolog. Dampak Pola Asuh Yang Berbeda Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Dusun Tirtomulyo Desa Joho Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Dampak Pola Asuh, Pola asuh Yang Berbeda, Anak Usia 5-6 Tahun. Pola asuh yang berbeda merupakan pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua atau pengasuh dengan melibatkan dua atau lebih tipe pola asuh dalam membimbing dan berinteraksi dengan anak. Anak yang mendapatkan dua model pengasuhan yang berbeda dari orang tua atau pengasuhnya, mengakibatkan anak kesulitan dalam menyerap stimulasi yang diterimanya, akibatnya emosional anak menjadi tidak stabil. Pola asuh yang berbeda atau tidak konsisten dapat memberikan dampak negatif pada anak. Anak yang mendapatkan pola asuh yang tidak konsisten cenderung sulit mengendalikan perilakunya dan melakukan pelanggaranpelanggaran. Perkembangan anak diperoleh dari afeksi dan perilaku melalui kelekatan (attachment) yang terbentuk antara anak dan orang tua. Perbedaan nilai dan cara asuh yang berbeda-beda dapat membuat anak kebingungan, yang pada akhirnya akan menyerap ketidakkonsistenan stimulasi dan menyebabkan ketidakstabilan emosional anak secara psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui historis, proses dan dampak pola asuh yang berbeda pada anak usia 5- 6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif fenomenologis. Lokasi penelitian ini berada di Dusun Tirtomulyo Desa Joho Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua atau pengasuh sebanyak 6 orang, dengan kriteria sedang mengadakan proses pengasuhan pada anak usia 5-6 tahun dan tidak dalam keadaan berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode kredibility, depandibility, konfermability, sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua subjek yang mendapatkan pola asuh demokratis dan permisif yaitu subjek Z dan B, dan satu subjek yang mendapatkan pola asuh otoriter dan permisif, yaitu subjek F. Proses pola asuh terhadap ketiga subjek ialah pembentukan ikatan, sensitivitas dan responsivitas, konsistensi dan keandalan, perlindungan dan keamanan, interaksi sosial yang positif, serta memahami dan merespons fase perkembangan anak. Berdasarkan hasil penelitian, hanya beberapa proses saja yang diterapkan orang tua atau pengasuh kepada anaknya. Dampak pola asuh yang berbeda pada anak usia 5- 6 tahun ialah rendahnya harga diri, ketidakmampuan mengontrol emosi, dan kurangnya kepercayaan diri pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | NONIK SRI PRATIWI NINGSIH |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:22 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12617 |
Actions (login required)
View Item |