Musayyadah, Nurul (2023) Penerapan Service Excellent Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Gubuk Laundry Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934107819_PRABAB.pdf Download (976kB) |
|
Text
934107819_BAB1.pdf Download (545kB) |
|
Text
934107819-BAB2.pdf Download (356kB) |
|
Text
934107819_BAB3.pdf Download (238kB) |
|
Text
934107819_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
934107819_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
934107819_BAB6.pdf Download (108kB) |
|
Text
934107819-DAFTARPUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text
934107819_LEMBARPERNYATAANPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf Download (114kB) |
Abstract
Service excellent merupakan bentuk pelayanan terbaik yang dilakukan menurut prosedur serta standar pelayanan demi mewujudkan kepuasan dan sikap loyal pelanggan kepada perusahaan. Service excellent diwujudkan dengan konsep A6, yaitu Ability, Attitude, Appearance, Attention, Action, dan Accountability. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan service excellent yang dilakukan oleh Gubuk Laundry demi mempertahankan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gubuk Laundry menerapkan service excellent dengan selalu menjaga sikap ramah, selalu tersenyum, dan cekatan dalam melayani pelanggan. Selain itu pemilik dan karyawan juga berkompeten dalam laundry dibuktikan dengan pendapat pelanggan yang merasa puas dengan hasil jasa dari Gubuk Laundry. Pemilik dan karyawan selalu berpenampilan sopan dan rapi, selalu mendengar kritik dari pelanggan dan berupaya mewujudkan saran dari pelanggan. Gubuk Laundry juga mencukupi hak karyawan dengan memberikan gaji yang sesuai dan sarana prasarana yang memadai demi menunjang kinerja karyawan. Gubuk Laundry selalu menyelesaikan pakaian pelanggan tepat waktu dan memisahkan pakaian antar pelanggan demi meminimalisir tertukarnya pakaian. Penerapan service excellent tersebut membuat pelanggan puas dan mempercayakan pakaiannya pada Gubuk Laundry dari tahun ke tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nurul Musayyadah |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:15 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12576 |
Actions (login required)
View Item |