PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK AUTISME (Studi Kasus di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri)

APRIDA, ILA RIZQI (2018) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK AUTISME (Studi Kasus di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117214_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117214_BAB 1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932117214_BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932117214_BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932117214_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
932117214_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932117214_BAB VI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Autisme Pendidikan merupakan peranan penting atau hak dasar yang harus dimiliki oleh seseorang, tanpa terkecuali. Pendidikan juga merupakan suatu upaya manusia untuk memanusiakan dirinya dan membedakannya dengan makhluk lainnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak autisme di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri ?, (2) Apa saja kendala yang dialami oleh Guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak autisme di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri ?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Adapun lokasi penelitian berada di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan kiikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak autisme di Yayasan Cahaya Harapan Mrican Kediri yakni meliputi tiga tahapan antara lain: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, (2) Kendala yang dialami oleh Guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi pengenalan huruf-huruf hijaiyah, sikap berdo’a dan sikap salaman, kendala yang dialami oleh guru ketika anak mudah tantrum, sulit pemahaman tentang materi yang diajarkan, mudah bosan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:34
Last Modified: 15 Jul 2020 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1248

Actions (login required)

View Item View Item