Kebijakan Kepala Desa Dalam Mengatasi Buta Aksara al-Qur'an Melalui Bimbingan Baca Qur’an di Desa Ngadi Tahun 2018

Habibi, Muhamad Wildan (2019) Kebijakan Kepala Desa Dalam Mengatasi Buta Aksara al-Qur'an Melalui Bimbingan Baca Qur’an di Desa Ngadi Tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
8. bab 2.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. bab 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
10. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
11. bab 5 & 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Hampir setiap daerah angka buta aksara al-Qur’an selalu ada meskipun memiliki intensitas jumlah yang berbeda. permasalahan ini perlu adanya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat yang salah satunya adalah Kepala Desa. Pada penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui proses penyusunan kebijakan program bebas buta aksara al-Qur’an di desa Ngadi 2) Untuk mengetahui Implementasi program yang dijalankan 3) Untuk mengetahui Implikasi atau dampak dari penerapan program kebijakan bebas buta aksara al-Qur’an di Desa Ngadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah konsep dari Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi dan Perpanjangan Pengamatan. Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) poses penyusunan: a) agenda setting: adanya masyarakat yang masih buta aksara, kurang aktif dalam kegiatan keagamaan dan adanya imam musola yang rendah kualitas bacaan al-Qurannya. b) perumusan: Dirumuskan dalam forum antara pemdes dengan masyarakat dan sepakat mengambil alternatif membuat program untuk orang dewasa dan bekerjasama dengan tim metode usmani. c) aktor: Kepala Desa sebagai aktor state, LPQ metode Usmani sebagai aktor private dan perwakilan anggota masyarakat sebagai aktor society. 2) Implementasi: a) Bentuk: Konsensus dalam formulasi kebijakan Formal. b) Program: Program ini dalam bentuk BBQ yang di prioritaskan orang dewasa. Tujuan pembelajaran agar bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan dapat termotivasi. Metode yang digunakan adalah metode Usmani menggunakan jilid. Metode ini pembelajaran materi lebih fokus mengikuti tanda baca dan cara lain sesuai ilmu tajwid tanpa menggunakan lagu. Kualitas guru pengajar sudah tersertifikasi. Anggaran dari Pendapatan Asli Desa (PAD). c) Evaluasi: Pengurangan Anggran biaya untuk menghemat kas PAD dan pembelajaran yang mulanya di masjid baiturrohman sekarang berpindah di masjid al-Kautsar & Tambak. 3) Implikasi: a) Peserta: Peserta menambah keilmuan dan termotivasi untuk membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesui kaidah ilmu tajwid. b) Lingkungan: peningkatan keaktifan masyarakat dalam kegiatan sosial keagamaam seperti rutinan khotmil Qur’an di Masjid dan lain sebagainya. c) Desa: Mendapat apresiasi dari masyarakat telah menjalankan bentuk peran dan wewenang dalam membina dan mengurangi angka buta aksara.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:56
Last Modified: 25 Apr 2024 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item