Peran Muslimat NU dalam Pemberdayaan Kaum Wanita Melalui Pendidikan Agama di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan

Kusuma, Yeni (2019) Peran Muslimat NU dalam Pemberdayaan Kaum Wanita Melalui Pendidikan Agama di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
prabab.pdf

Download (261kB)
[img] Text
bab 1-6 dan dftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

Di era masa kini, maraknya budaya patriarki yang mendiskreditkan peran serta kedudukan wanita dalam masyarakat tak bisa di pungkiri. Dengan adanya permasalahan tersebut, Muslimat NU hadir sebagai organisasi yang bertujuan meningkatkan kualitas serta mengangkat derajat kaum wanita dengan melakukan berbagai strategi di berbagai bidang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan Muslimat NU di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan?, 2) Bagaimanakah peran Muslimat NU dalam pemberdayaan kaum wanita melalui pendidikan agama di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan?. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Muslimat NU serta peran Muslimat NU dalam pemberdayaan kaum wanita melalui pendidikan agama di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu interpretasi berupa gambaran yang sistematis dan factual terhadap penelitian yang dilakukan dan analisis datanya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Pelaksanaan kegiatan Muslimat NU di Dusun Genengan Desa Jeruk Gulung Kecamatan Kandangan adalah berupa kegiatan yang berbasis keagamaan dan sosial masyarakat. 2) Peran Muslimat NU dalam pemberdayaan kaum wanita melalui pendidikan agama adalah: (a) meningkatkan kepedulian wanita melalui kegiatan sedekah, (b) membangun majelis dakwah melalui kegiatan pengajian, (c) membentuk majelis shalawat diba’iyyah, (d) menciptakan majelis pengamal kitab al-Qur’an melalui kegiatan khotmil al-Qur’an, (e) meningkatkan ilmu tajwid melalui kegiatan tartil al-Qur’an, (f) melakukan kegiatan ziarah wali sebagai majelis tawassul.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:50
Last Modified: 25 Apr 2024 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item View Item