Manajemen Peserta Didik Untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat Di MAN 1 Kota Kediri

Nabila, Zakina Salsa (2023) Manajemen Peserta Didik Untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205106_prabab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205106_bab1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
20205106_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
20205106_bab3.pdf

Download (523kB)
[img] Text
20205106_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205106_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
20205106_bab6.pdf

Download (492kB)
[img] Text
20205106_daftarpustaka.pdf

Download (548kB)
[img] Text
20205106_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205106_sp.pdf

Download (131kB)

Abstract

ZAKINA SALSA NABILA: 20205106, Manajemen Peserta Didik untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Di MAN 1 Kota Kediri. Dosen Pembimbing I: Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si.: Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pengembangan Minat dan Bakat, Program Keterampilan Manajemen peserta didik menjadi langkah strategis madrasah dalam mengaktualisasikan tujuan sehingga dapat berdaya saing dalam menjawab urgensi dunia pendidikan dalam pemenuhan kebutuhan peserta didik dalam minat dan bakatnya. Fakus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana analisis kebutuhan dan rekrutmen peserta didik, 2) Bagaimana proses seleksi dan orientasi peserta didik, 3) Bagaimana pengorganisasian dan pengelompokan peserta didik, 4) Bagaimana pembinaan peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat, 5) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat di MAN 1 Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah, adanya program keterampilan sebagai bagian dari kegiatan kesiswaan untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik, dimana dalam: 1) Analisis kebutuhan peserta didik untuk mengambangkan minat dan bakat di MAN 1 Kota Kediri dilakukan dengan assessment minat dan bakat, dan memastikan daya tampung kelas dan rasio guru sesuai dengan standard pembelajaran. Dan dalam proses rekrutmen program dilakukan dengan penyebaran angket yang berisi pilihan jurusan keterampilan. 2) Orientasi program keterampilan dilakukan dengan melakukan kunjungan ke gedung keterampilan. Dan sistem seleksi dilakukan jika terdapat overload pada salah satu jurusan dengan kebijakan masing-masing guru pengampu jurusan keterampilan. 3) Pengelompokan pada program keterampilan didasarkan hasil seleksi peserta didik dalam ragam perbedaan minat dan bakat, serta potensi yang dimiliki. 4) Pembinaan dalam program keterampilan dilaksanakan dengan ketentuan 5 JP dan menggunakan sistem moving class. Terdapat faktor yang menunjang keefektifan proses pembinaan dalam program keterampilan yaitu, adanya tenaga pendidik yang professional adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kerjasama dengan pihak eksternal. Selain itu,terdapat faktor yang menghambat kegiatan pembinaan diantaranya, terbatasnya jam pelajaran, kekurangan tenaga pengelola laboratorium keterampilan, dan mengatur jadwal magang atau pkl karena terbatasnya waktu; 5) Evaluasi dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali secara formal dan secara non formal berkala setiap satu minggu sekali. Dan untuk evaluasi peserta didik dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ZAKINA SALSA NABILA
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:15
Last Modified: 25 Apr 2024 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item