Penanaman Nilai Agama Islam dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy

FADHILLA, NURUL (2019) Penanaman Nilai Agama Islam dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Novel merupakan salah satu bacaan yang digemari di masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dalam sebuah novel terdapat pesan yang ingin disampaikan penulis. Salah satu novel berjudul Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan sebuah novel yang menarik untuk kita konsumsi. Salah satu fenomena yang sangat menarik dalam novel tersebut adalah terdapatnya tokoh utama yaitu Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan penelitian di Rusia. Bertemu dengan wajah-wajah baru dan ditemuinya karakter yang berbeda-beda. Menjadi seorang pendatang haruslah beradaptasi dengan baik. Dengan keilmuan yang dimilikinya, ia menyadarkan tokoh-tokoh lewat beberapa metode pembelajaran. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Apa saja metode pembelajaran agama Islam yang terkandung dalam novel Bumi Cinta (2) Bagaimana relevansi metode pembelajaran agama Islam dalam al-Quran terhadap penanaman nilai yang terkandung dalam novel Bumi Cinta. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat dalam skripsi ini maka dalam penulisannya, penulis menggunakan metode analisis isi (Content Analysis), teknik analisis ini merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang mana dalam penggarapannya dilakukan secara objektif dan sistematis. Maka dengan sendirinya penganalisian data ini lebih difokuskan pada penelitian kepustakaan (Library Research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji literature dan sumber tulisan lain yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran agama Islam dalam penanaman nilai pada novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy ada tiga: yaitu metode bertanya, metode cerita dan metode mujadalah (diskusi). 2) Relevansi metode pembelajaran agama Islam dalam al-Quran terhadap penanaman nilai yang terkandung dalam novel Bumi Cinta yaitu metode cerita dalam QS. Al-Baqarah ayat 67-73, metode tanya jawab dalam QS. Al-Ma’un ayat 1-3 dan metode mujadalah (diskusi) dalam QS. Al-Nahl ayat 125.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:12
Last Modified: 22 Apr 2024 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item