Peningkatan Profesionalitas Guru Agama Islam di SMPN 2 Mantup Lamongan Melalui Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

ULYA, HIMMATUL (2019) Peningkatan Profesionalitas Guru Agama Islam di SMPN 2 Mantup Lamongan Melalui Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
HIMMATUL ULYA 932114515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena kualitas atau mutu pendidikan di Indonesia yang menjadi sorotan publik dan muncul diberbagai media masa baik cetak maupun elektronik mendapat tanggapan yang serius dari pemerintah yang bertanggung jawab sebagai penyelenggara pendidikan nasional, sehingga kemudian muncul berbagai kebijakan yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan secara komprehensif. Salah satu adalah kebijakan peningkatan kualitas dan profesionalisme guru. Hal ini karena guru dipandang sebagai instrumen penting dalam proses pendidikan, karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan profesionalisme melalui kegiatan MGMP. Berangkat dari hal tersebut peneliti menelaah lebih jauh: 1) Bagaimana profesionalitas Guru Agama Islam?, 2) Bagaimana upaya peningkatan profesionalitas Guru Agama Islam dan pihak sekolah?, 3) Bagaimana upaya Guru Agama Islam dalam meningkatkan profesionalitas melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research Fenomenologis yang berusaha meneliti atau melakukan study observasi yang bertujuan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Data primer yang digunakan peneliti berupa kata, wawancara, observasi serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan narasumber yakni: 1) Kepala Sekolah SMPN 2 Mantup Lamongan, 2) Guru Agama Islam, 3) Ketua MGMP PAI Lamongan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Profesionalisme Guru Agama Islam sudah cukup baik, hanya saja belum semuanya maksimal, masih ada beberapa kekurangan dari masing-masing guru, 2) Dan upaya pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik SMPN 2 Mantup dengan mengadakan pelatihan serta memberikan sarana yang layak kepada pendidik, 3) Upaya Guru Agama Islam dalam meningkatkan profesionalitas melalui kegiatan MGMP menambah wawasan dan pengalaman serta membantu guru dalam memenuhi kebutuhan keguruannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:45
Last Modified: 18 Apr 2024 05:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item