Pendidikan Akhlak terhadap Sesama Manusia (Studi Kasus Tafsir Al-Mishbah Surat Al-Hujurat Ayat 9-13)

Chumairoh, Laily (2019) Pendidikan Akhlak terhadap Sesama Manusia (Studi Kasus Tafsir Al-Mishbah Surat Al-Hujurat Ayat 9-13). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 12.pdf

Download (2MB)
[img] Text
34.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5 dp.pdf

Download (925kB)
[img] Text
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini akhlak terjadi kemerosotan, peneliti sering menjumpai sebagian orang yang tidak terlalu mempedulikan atau mengesampingkan akhlak terhadap sesama manusia (hablumminannas). Padahal notabennya manusia sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu pendidikan akhlak sangat ditekankan bagi manusia untuk ditanamkan serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terbiasa untuk berakhlak baik, termasuk kepada sesama manusia (masyarakat). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, Pertama, Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam Islam. Kedua, Bagaimana pendidikan akhlak terhadap sesama manusia dalam studi kasus Tafsir Al-Mishbah surat Al-Hujurat ayat 9-13. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian Library Research. Penelitian kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat di ruang perpustakaan seperti buku, jurnal ilmiah, majalah, dan lain-lain. Seluruh data diperoleh dari studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif content analysis yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku. Hasil penelitian ini menunjukan 1.) Konsep pendidikan akhlak itu merupakan suatu ide atau rancangan yang menggambarkan sebuah usaha atau upaya yang dilakukan secara sadar dan disengaja untuk memberikan bimbingan, baik secara jasmani maupun rohani, melalui berbagai cara penanaman nilai-nilai Islam, dengan tujuan untuk menghasilkan perubahan diri ke arah positif, yang nantinya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan membiasakan bertingkah laku, berfikir, dan berbudi pekerti luhur menuju terbentuknya manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan perintah yang telah dituliskan dalam Al-Qur’an dan Hadits. 2.) Pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 9-13 dalam tafsir Al-Mishbah yaitu larangan berkelahi, tuntutan untuk melakukan ishlah (perdamaian) dengan cara adil, menjunjung tinggi kehormatan sesama manusia dengan tidak mengolok-olok, mencela, dan memanggil dengan sebutan buruk, larangan berprasangka buruk, larangan mencari-cari kesalahan orang lain, larangan untuk melakukan ghibah, serta tidak membeda-bedakan derajat antar sesama manusia. Pentingnya mengerti dan memahami pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Hujurat ayat 9-13 dalam tafsir Al-Mishbah agar dapat melatih diri kita untuk besikap adil, bijaksana, slalu berprasangka baik, humanis serta rendah hati kepada sesama manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:21
Last Modified: 04 Apr 2024 04:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item