Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SMPLB Putera Asih Kota Kediri

Qolbi, Atva Ruliana (2019) Implementasi Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SMPLB Putera Asih Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Kemandirian anak tunagrahita sangat perlu dilakukan untuk menjadikan mereka manusia yang mampu mandiri, berperilaku baik dan berinteraksi dengan masyarakat. Namun kemandirian anak tunagrahita tidak hanya melalui penyampaian materi pelajaran dan proses menghafal materi saja. Akan tetapi kemandirianya memerlukan pembiasaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SMPLB Putera Asih Kediri. 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian pada anak tunagrahita di SMPLB Puetera Asih Kediri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terahir adalah pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan perpanjangan pengamatan guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita diwujudkan oleh guru dalam pembiasan pembiasaan yang baik dalam hal bersalaman dengan guru-guru pada waktu pagi pas datang kesekolah, bersih-bersih, berbaris sebelum masuk kelas, menyanyikan lagu indonesia raya, membaca pancasila dan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Pergi ke kamar mandi sendiri, membeli makanan sendiri, Kemudian saat mau pulang sekolah anak-anak dibiasakan untuk berpamitan dengan guru-guru kemudian mengucapkan salam. Selain itu di SMPLB Putera Asih sendiri mempunyai program atau materi bina diri. Guru memberikan pembiasaan tentang merawat diri, menolong diri, mengurus diri, berkomunikasi dan bersosialisasi serta mengajarkan keterampilan hidup. Guru selalu membiasakan anak tunagrahita selalu membiasakan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan bina diri yang disesuaikan dengan kemampuan anak. 2) Faktor pendukung pada implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SMPLB Putera Asih Kota Kediri meliputi kerjasama antar guru dan adanya media pembelajaran yang memadai. Adapun faktor penghambat pada implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SMPLB Putera Asih adalah keterbatasan kemampuan anak tunagrahita dan kurangnya dukukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:02
Last Modified: 04 Apr 2024 04:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item