Mashar, M. Syaichu (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QIRA>’A>T AL-SAB’ DI PONDOK PESANTREN TAHFIDHIL QUR’AN AL- MA’RUF JURANGULUH – KEDAWUNG – MOJO – KEDIRI TAHUN 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
prabab.pdf Download (449kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (548kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (219kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text
09. BAB VI.pdf Download (177kB) |
Abstract
Dalam sejarah perkembangan Qira>’a>t al-Sab’ al-Quran, dapat diketahui bahwa masa keemasan eksistensinya adalah mulai abad ke-1 hingga abad ke-9 Hijriyah, dikatakan mengalami masa kemunduran atau paling tidak stagnan di dunia Islam termasuk Indonesia. keputusan Majma’ al-Buhuth (Lembaga Riset) al-Azhar Cairo dalam Muktamarnya memutuskan mendorong dan menggalakkan para pembaca al-Quran agar tidak hanya membaca dengan Qira>’ah ‘A<s}im riwayat Hafsh saja, demi untuk menjaga Qira>’a>t al-Sab’ yang lain yang telah diyakini kebenarannya agar jangan terlupakan dan musnah. Dalam implementasi pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’, dengan menggunakan kitab FAID{ AL- BARAKA<@T fi< sab’ al-Qira>’a>t para santri pondok pesantren Al-Ma’ruf mampu dengan waktu yang singkat (21 hari) dapat membaca Al-Quran dengan menerapkan Qira>’a>t al-Sab’. Denagan fokus penelitian 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’ di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Al- Ma’ruf Juranguluh Kedawung Mojo Kediri ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’ di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Al- Ma’ruf Juranguluh Kedawung Mojo Kediri? penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan landasan teori fenomenologi, Sedangkan jenis penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Dengan hasil penelitian 1) implementasi pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’ di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Al- Ma’ruf Juranguluh Kedawung Mojo Kediri yaitu: strategi pengorganisasian mikro berupa konsep dan prinsip, Strategi penyampaian tahapan pembelajaran, metode tathbiq merupakan gabungan antara metode jibril, talaqqi dan mudhakarah, Sumber belajar kitab FAID{ AL- BARAKA<@T fi< sab’ al-Qira>’a>t Pelaksanaan pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’ dijadwal dengan mengatur interaksi murid dengan komponen pembelajaran mualim memberikan program yang telah direncanakan, Penilaian tingkat kepahaman santri dengan cara menyimak santri yang kesulitan. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Qira>’a>t al-Sab’ di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Al- Ma’ruf Juranguluh Kedawung Mojo Kediri yaitu: faktor prnghambat berasal dari internal seperti kurangnya kesiapan dan faktor pendukung berasal dari faktor eksternal meliputi lingkungsn , sumber belajar, pemberian motivasi yang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keberlangsungan pembelajaran Qira>’a>t Al-Sab’.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 03:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 03:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12362 |
Actions (login required)
View Item |