Tri Kurniasari, Nunung (2023) Kitab Al-Arba'in Al-Nawawiyyah Dan Kontribusinya Kepada Kajian Hadis Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933200818_PRABAB.pdf Download (816kB) |
|
Text
933200818_BAB 1.pdf Download (718kB) |
|
Text
933200818_BAB 2.pdf Download (696kB) |
|
Text
933200818_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
Text
933200818_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933200818_BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text
933200818_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
933200818_Lembar Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah .pdf Download (223kB) |
Abstract
ABSTRAK NUNUNG TRI KURNIASARI, Dosen Pembimbing Drs Hamam Thontowi, M.Pd.I dan Duwi Hariono, S. TH.I.,M.Si, kitab al-Araba’in al-Nawawiyyah dan kontribusinya kepada kajian hadis di Indonesia. Skripsi, Program Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah, Kajian Hadis di Indonesia. Negara Indonesia, terdapat kitab hadis yang sudah tidak asing lagi, kususnya dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah karyanya Imam An-Nawawi. Kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah merupakan kitab yang berisi kumpulan-kumpulan hadis yang sangat masyhur di kalangan masyarakat Muslim Indonesia, bahkan seluruh Dunia Islam. Susunan kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah yang ringkas dan padat, membuat kitab ini mudah untuk dikaji dan dihafalkan. Dalam kenyataannya di dapati dalam lingkungan masyarakat Muslim, kusunya Indonesia mengenai kitab Al-Arba’in Al\\\\\\-Nawawiyyah memang sangat membanggakan akan tetapi disisi lain belum mendapati hasil karya nyata, kususnya dalam dunia pendidikan. Budaya masyarakat yang kurang kritis dalam mempelajari sesuatu, mengakibatkan kurang tergalinya nilai-nilai berharga yang terdapat dalam kitab Al-Arba’in Al- Nawawiyyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualiatatif, dengan jenis penelitian library research atau studi kepustakaan, yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literature. Jenis pendekatannya menggunakan pendekatan linguistik, yang sudut pandang dari suatu permasalahan yang didekati, yang akan dibahas, dan dianalisis berdasarkan pandangan atau teori tertentu, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang tetap. Metode pengumpulan data menggunakan tematik atau maudhu’I, dengan mengumpulkan hadis yang berkaitan dengan setema atau semakna, memaparkan penjelasan dari hadis tersebut secara rinci sesuai dengan tema permasalahan atau pembahasan. Hasil penelitian ini adalah Kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah telah menjadi rujukan oleh ulama di penjuru dunia dalam berdakwah dan pendidikan. Seperti halnya di Negara Indonesia, yang sering diamalkan atau digunakan dalam lingkup pendidikan dan berdakwah. Dalam lingkup pendidikan, kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah merupakan salah satu kitab hadis yang sering dibaca oleh dunia pesantren. Kitab ini diajarkan hampir di seluruh pesantren, secara implisit seolah nilai-nilai yang ada dalam kitab inilah yang akan ditanamkan pada peserta didik. Kitab arba‟in ini merupakan kitab yang diakui oleh para ulama dalam hal manfaat dan kepadatan makna yang dikandungnya, yang terbukti dengan adanya banyak syarah atas kitab Al-Arba’in Al-Nawawiyyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits |
Depositing User: | NUNUNG TRI KURNIASARI |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12333 |
Actions (login required)
View Item |