Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) Dengan Hasil Belajar PAI Di SMAN 1 Grogol

SABITA, A. YANI (2019) Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) Dengan Hasil Belajar PAI Di SMAN 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 123.pdf

Download (856kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (246kB)

Abstract

Kerohanian Islam atau biasa disebut Rohis merupakan kegiatan ekstrakurikuler PAI yang mewadahi siswa siswi yang beragama Islam untuk menambah wawasan ajaran Islam. Kegiatan rohis ini dilakukan diluar jam pelajaran dengan suasana yang lebih santai. Dengan kegiatan rohis diharapkan siswa mendapatkan pengalaman yang baru, selain itu melaui ekstrakurikuler rohis siswa diharapkan mendapatkan pelajaran baru tentang PAI sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Untuk itu penulis tertarik untuk mencari tahu tentang hubungan keaktifan siswa dalam mengukuti ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) dengan hasil belajar siswa di SMAN 1 Grogol, dengan rumusan masalah 1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) di SMAN 1 Grogol?. 2) Bagaimana Hasil belajar PAI di SMAN 1 Grogol?. 3) Bagaimana hubungan antara keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam denga hasil belajar pai di SMAN 1 Grogol?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI). Sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple sampling random. Analisis data statistik dengan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata (Mean) 52,34. 2) Tingkat hasil belajar PAI berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,27. 3) dari uji coba hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,045<0,05. Dengan demikian maka terdapat hasil tolak Ho dan terima Ha, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikansi antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Studi Kerohanian Islam (SKI) dengan hasil belajar PAI di SMAN 1 Grogol. Koefisien determinan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler studi kerohanian Islam dengan hasil belajar pai sebesar 13,6%, hal tersebut merupakan kategori sangat rendah sedangkan sisanya 86,4% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:39
Last Modified: 28 Mar 2024 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item