Kegiatan Kerohanian Islam dalam Pengembangan Bakat Dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar

WAKHIDAH, RIZQI AZIZATU (2019) Kegiatan Kerohanian Islam dalam Pengembangan Bakat Dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 123.pdf

Download (1MB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (481kB)

Abstract

Kegiatan Kerohanian Islam merupakan kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran dalam rangka memberikan arahan kepada peserta didik untuk dapat mengamalkan ajaran agama yang diperolehnya melalui kegiatan belajar di kelas, serta untuk mendorong pembentukan tingkah laku siswa sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam. Bakat adalah suatu kemampuan yang ada dalam diri individu yang perlu dikembangkan melalui latihan-latihan rutin. Dakwah merupakan suatu cara mengajak kepada kebaikan dengan cara lisan maupun tulisan. Jadi, bakat dakwah adalah suatu kemampuan individu dalam menyampaikan pesan melalui cara lisan maupun tertulis yang perlu dikembangkan melalui pembiasaan sehari-hari serta latihan-latihan yang rutin. Sehingga pada penelitian ini fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana upaya pembina Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar? 2) Apa kendala Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya pembina Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar. 2) Untuk mengetahui kendala Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena peneliti bermaksud untuk mendiskripsikan upaya Pembina dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 , dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Papar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Upaya pembina Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar: melalui tiga tahapan yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Evaluasi. 2) Kendala Kegiatan Kerohanian Islam dalam pengembangan bakat dakwah Siswa SMA Negeri 1 Papar : (a) Perencanaan yang meliputi; program kegiatan tidak berjalan sesuai dengan jadwalnya, minat siswa yang semakin berkurang, regenerasi pengurus yang semakin cepat, (b) Pelaksanaan yang meliputi; siswa sulit menerapkan metode yang digunakan pembina, latihan yang kurang maksimal, banyak siswa yang lupa mengisi daftar kehadiran, Evaluasi yang meliputi; sulit dalam pembuatan laporan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:25
Last Modified: 27 Mar 2024 06:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item View Item