Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan siswa di MTs Sunan Ampel Pare Kediri

Sholikhah, Zumrotus (2019) Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan siswa di MTs Sunan Ampel Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101015_PRA BAB.pdf

Download (472kB)
[img] Text
932101015_BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932101015_BAB II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932101015_BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932101015_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
932101015_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
932101015_BAB VI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932101015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932101015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Sunan Ampel yang mempunyai target tinggi yaitu 10 juz untuk lulusannya, akan dan pada tahun pelajaran 2014/2015 mampu meluluskan 1 orang siswa dengan hafal Al-Qur’an 30 Juz. Untuk mencapai target hafalan yang telah ditentukan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan di MTs Sunan Ampel, yang di dalamnya mencakup perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al�Qur’an, dan evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan coclusion drawing verivication. Pengecekan keabsahan data menggunakan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Sunan Ampel meliputi seleksi siswa kelas tahfidz dilaksanakan setiap awal masuk ajaran baru dan waktu pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di rencanakan pada setiap pagi pukul 07:00 sampai 08:30, materi yang akan diajarkan yaitu tahsin, makharijul huruf, dan hafalan juz Al-Qur’an (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Sunan Ampel menggunakan metode ziyadah, muroja’ah, Sambung Ayat Al-Qur’an, dan Musabaqoh Hifdzil Qur’an sedangkan target hafalan pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Sunan Ampel adalah 3 juz untuk setiap semesternya, dan 10 Juz untuk setiap lulusannya. (3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an evaluasi harian, ujian tengah semester , ujian semester, tes perolehan, uji terminal, remedial dan monitoring. Hasil evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Sunan Ampel menunjukkan prestasi siswa kelas tahfidz dibidang tahfidz maupun akademik menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu peringkat paralel I,II,II diraih oleh siswa kelas tahfidz.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:03
Last Modified: 27 Mar 2024 02:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item