Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Surat Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter

ZUHRIYAH, REZZA ANGGI (2019) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Surat Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Pendidikan era milenial saat ini sangat berkembang dengan pesat terutama dalam bidang sosial media. Namun juga membawa dampak negatif terhadap pembentukan sikap, moral, dan perkembangan kepribadian perilaku anak-anak bangsa. Disinilah pentingnya pendidikan akhlak diajarkan sejak dini mulai dari lingkungan terkecil (orangtua), sekolah formal maupun non formal yang akan diterapkan dalam masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimanakah pendidikan akhlak dalam Al�Quran surat Luqman ayat 12-19 perspektif tafsir Al-Misbah. Kedua, bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12-19 terhadap pendidikan karakter. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12-19 perspektif tafsir Al-Misbah. Kedua, untuk mengetahui relevansi pendidikan akhlak dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12-19 terhadap pendidikan karakter. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat dalam skripsi ini maka dalam penulisannya, penulis menggunakan metode analisis isi (Content Analysis), teknik analisis ini merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang mana dalam penggarapannya dilakikan secara objektif dan sistematis. Maka dengan sendirinya penganalisian data ini lebih difokuskan pada penelitian kepustakaan (Library Research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji literature dan sumber tulisan lain yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi pendiddikan karakter terhadap konsep pendidikan akhlak dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12-19 perspektif tafsir Al-Misbah meliputi a). Konsep karakter dalam berhubungan dengan Tuhan yakni dengan mensyukuri nikmat Allah swt. dan tidak menyekutukan-Nya. b). Konsep karakter dalam berhubungan dengan diri sendiri melalui penanaman rasa tanggungjawab yang tinggi, melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan ajaran untuk bersabar. c). Konsep karakter dalam berhubungan dengan orangtua adalah dengan menghormati dan memperlakukan mereka dengan baik. d). Konsep karakter dalam berhubungan dengan sesama manusia yakni dengan berperilaku tidak sombong, rendah hati dan menghargai orang lain dimanapun berada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:38
Last Modified: 27 Mar 2024 01:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item View Item