PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI

Yuliani, Lilik (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102314_Pra Bab.pdf

Download (656kB)
[img] Text
932102314_Bab I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
932102314_Bab II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
932102314_Bab III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
932102314_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
932102314_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
932102314_Bab VI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932102314_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang dapat memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar peserta didik dalam belajar. Selain itu kedisiplinan peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik menjadi aspek pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mencoba menghubungkan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik dalam kaitannya dengan hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (2) Bagaimana kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (3) Bagaimana Hasil Belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri (4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (5) Adakah pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (6) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, angket, dan test. Sedangkan untuk analisis data statistik menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean sebesar 98,87 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 58% atau 58 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean sebesar 113,96 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 59% atau 59 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong sangat tinggi dengan dengan/ mean sebebesar 88,55 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 63% atau 63 peserta x didik berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,513 dan ttabel = 1,984. (5) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,157 dan ttabel = 1,984. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 10,206 dan Ftabel = 3,090 dengan R Square sebesar 0,174. Dengan demikian, kecerdasan emosional peserta didik secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 07 Jul 2020 05:05
Last Modified: 07 Jul 2020 05:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item