Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di SMK Pawiyatan Daha 1 Kota Kediri

Hidayati, Hidayati (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di SMK Pawiyatan Daha 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134119_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932134119_bab1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932134119_bab2.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932134119_bab3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932134119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
932134119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
932134119_bab6.pdf

Download (15kB)
[img] Text
932134119_daftarpustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932134119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan bagian terpenting dalam Pendidikan nasional, karena berkenaan dengan aspek-aspek sikap, nilai, moral atau akhlak seseorang. Akhlak adalah suatu perilaku manusia yang muncul dan berasal dari dorongan jiwa manusia secara spontan, oleh karena itu baik atau buruknya akhlak seseorang dapat mencerminkan kepribadian seseorang tersebut. Pada era saat ini, masih banyak generasi muda yang telah terkikis moralnya diakibatkan oleh semakin berkembangnya media sosial yang tidak dipergunakan dengan cerdas dan bijak. Hal ini menunjukkan bahwa memang Pendidikan agama memiliki peranan penting dalam melaksanakan Pendidikan di sekolah, untuk membentuk karakter maupun pribadi yang baik didalam diri peserta didik, sehingga peserta didik dapat memiliki akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di SMK Pawiyatan Daha 1 Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif, ketika proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi. Sehingga data yang diperoleh dapat berupa perkataan, tulisan, ataupun tingkah laku orang yang diamati. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan agama islam, peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menjelaskan tentang upaya guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan nasihat. selain itu guru juga membiasakan peserta didik untuk memberi salam ketika berpapasan dengan guru, membiasakan untuk melaksanakn sholat sunnah maupun sholat wajib berjamaah, membiasakan berpakaian rapi dan sopan, serta membiasakan untuk bertutur kata yang baik dan disiplin dalam waktu. Kemudian hasil penelitian penulis selanjutnya akan menjelaskan faktor pendukung dalam upaya guru PAI membina akhlak peserta didik adalah sarana prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang memberikan kontribusi serta dukungan sepenuhnya, dan antusiasme peserta didik. Selain itu faktor penghambat yang dihadapi guru adalah kurangnya perhatian dan dukungan sebagian orang tua peserta didik, pergaulan antar teman yang memberikan dampak negatif, media sosial yang tidak dimanfaatkan dengan bijak dan cerdas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Hidayati
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:50
Last Modified: 01 Apr 2024 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12289

Actions (login required)

View Item View Item