Pengaruh Tingkat Kunjungan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa IAIN Kediri Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Tahun Masuk 2015

Istiqomah, Nur (2019) Pengaruh Tingkat Kunjungan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa IAIN Kediri Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Tahun Masuk 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (241kB)
[img] Text
skripsi nur istiqomah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

Perpustakaan dapat meningkatkan prestasi belajar apabila penggunanya dapat menggunakan perpustakaan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini sangat bergantung pada seberapa sering atau banyak mahasiswa berkunjung ke perpustakaan. Semakin sering seseorang berkunjung ke perpustakaan akan semakin banyak informasi yang diperoleh. Dengan banyaknya informasi yang diperoleh akan menjadikan seseorang memiliki prestasi belajar yang bagus. Kunjungan merupakan upaya seseorang yang didasari dari adanya dorongan psikologis dan hasrat dari dalam diri seseorang untuk selalu ingin datang kesuatu tempat yang menarik dan juga dapat memberikan kepuasan bagi dirinya. prestasi belajar merupakan penguasaan pengetahuan yang dikembangkan oleh mata pelajaran yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka niai yang diberikan guru dan biasanya ditunjukkan dengan nilai yang diberikan oleh guru ataupun dosen. Dengan rumusan masalah 1)Bagaimana tingkat kunjungan perpustakaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAIN Kediri 2)Bagaimana pengaruh tingkat kunjungan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif populasi pada penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa Pendidikan Agama Islam pengambilan sample dengan menggunkan random sampling sedangkan metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan product moment dan juga kolmogrof-smirnov karena data berdistribusi tidak normal maka peneliti menggunkan korelasi kendals tau. Dalam penelitian ini terdapat 2 temuan 1)Tingkat kunjungan perpustakaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam tahun masuk 2015 di IAIN Kediri sebesar 7% atau dalam kategori sedang, dan sisanya sebesar 93% dalam klasifikasi rendah dengan nilai rata-rata sebesar 11.72 dan 2) karena data berdistribusi tidk normal dan tidak ada pengaruh antara tingkat kunjungan perpustakaan terhdap prestasi belajar maka peneliti menggunkan rumus kendals tau dan hasinya sebesar 0,224 hal ini berarti ada hubungan antara tingkat kunjungan perpustakaan terhadap prestasi belajar dan dalam kategori yang rendah. untuk pengaruh tingkat kunjungan perpustakaan terhadap prestasi belajar tidak ditemukan dalam penelitian ini dikarenakan data tidak berdistribusi tidak normal sehingga tidak dapat dilakukan uji regresi linier sederhana. Tetapi dengan perhitungan korelasi produk moment menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara keduanya sebesar 0,265 dan termasuk dalam kategori lemah Yang berarti bahwa tingkat kunjungan perpustakaan bukan merupakan pertimbangan utama dalam mempengaruhi prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES (Ilmu Komputer dan Infromasi) > 0807 Library and Information Studies (Studi Perpustakaan dan Informasi) > 080703 Human Information Behaviour (Perilaku Informasi Manusia)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:33
Last Modified: 25 Mar 2024 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item View Item