Budaya Berjilbab Mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Analisis Antara Tuntutan Syari’at dan Trend Budaya

Purborini, Fitriyanti (2019) Budaya Berjilbab Mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Analisis Antara Tuntutan Syari’at dan Trend Budaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN DAN KONSULTASI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932106415 BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932106415 BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932106415 BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932106415 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932106415 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
932106415 BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932106415 Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)

Abstract

Banyak dikalangan wanita muslimah yang memakai jilbab untuk melampiaskan diri dipandang orang supaya cantik, anggun dan terlihat trendy. Hal ini karena mereka memakai jilbab hanya atas dasar keinginan sesaat dan bukan didasarkan oleh ajaran agama, dan kebiasaan berjilbab semata karena faktor-faktor tertentu, seperti ikut-ikutan tren (trend budaya), dan dorongan dari orang lain. Sedangkan jilbab sendiri memiliki faedah yang baik, yaitu untuk menjaga kesucian wanita, mewujudkan akhlak yang baik, menjaga rasa malu dan menutupi aurat wanita. Konteks penelitian ini adalah bahwa mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, itu juga mendasari mahasiswi PAI dalam menggunakan jilbab. Dalam penelitian ini, fokus penelitian yang diambil oleh peneliti adalah: 1) Bagaimana model jilbab mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). 2) Bagaimana motivasi mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam berjilbab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilanjutkan analisis data dengan menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2015 sampai 2018. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengamatan tekun. Sedangkan tahapan penelitian berupa tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model jilbab yang digunakan mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah model jilbab segiempat, model jilbab pashmina, dan model jilbab syar’i. Selain itu, alasan memilih model jilbab tersebut karena trend fashion (modis dan trendy), nyaman, dan mudah dipakai. Dan motivasi mahasiswi IAIN Kediri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam berjilbab yaitu karena alasan teologis, sosiologis, dan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:29
Last Modified: 25 Mar 2024 02:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item