KARIMAH, ALFI (2018) MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII DI SMPLB PUTERA ASIH KOTA KEDIRI TAHUN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
93211631_Pra BAB.pdf Download (604kB) |
|
Text
93211631_Bab I.pdf Download (429kB) |
|
Text
93211631_Bab II.pdf Download (410kB) |
|
Text
93211631_Bab III.pdf Download (489kB) |
|
Text
93211631_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
93211631_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
93211631_Bab VI.pdf Download (202kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Manajemen kelas adalah suatu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena dengan manajemen kelas yang baik akan tercipta suatu kondisi belajar mengajar yang efisien dan efektif. Suatu kondisi belajar optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur anak didik dan sarana pengajar serta mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Hubungan interpersonal yang baik antara guru dan anak didik, anak didik dengan anak didik, bisa di pandang sebagai indikasi manajemen kelas. Dari sini tepat bila dikatakan bahwa pengelolaan kelas yang sistematis merupakan penentu terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kelas mata pelajaran PAI pada anak tunagrahita kelas VII di SMPLB Putera Asih Kota Kediri Tahun ajaran 2017/2018? 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas mata pelajaran PAI pada anak tunagrahita kelas VII di SMPLB Putera Asih Kota Kediri Tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui manajemen kelas dalam mata pelajaran PAI serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung manajemen kelas mata pelajaran PAI pada anak tunagrahita kelas VII di SMPLB Putera Asih Kota Kediri Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang di amati. Jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang di lakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di gunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Manajemen kelas mata pelajaran PAI pada anak tunagrahita kelas VII di SMPLB Putera Asih Kota Kediri Tahun ajaran 2017/2018 tergolong baik, dalam hal ini dapat terlihat dari kegiatankegiatan guru dalam menangani peserta didik berkebuhan yang di sesuaikan dengan kemampuan dan lingkungan, penataan tempat duduk, mengatur sarana prasarana kelas, serta kontrol terhadap kedisiplinan siswa dan guru. 2) Faktor pendukung manajemen kelas, yaitu: kurikulum dari pemerintah yang di ubah dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sarana prasarana yang mencukupi, dukungan orang tua, kerja sama yang baik antara kepala sekolah dengan guru. Faktor penghambat, yaitu: perilaku siswa yang berubah-ubah setiap hari, sebagian lingkungan yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 05:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 05:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1227 |
Actions (login required)
View Item |