BAROROH, LU’LUIN FATIHATUL (2018) MENUMBUHKAN JIWA SOSIAL SISWA MELALUI KEGIATAN JUM’AT BERKAH DI SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Pra Bab.pdf Download (934kB) |
|
Text
BAB I(1).pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB II(1).pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB III(1).pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB IV(1).pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
|
Text
BAB V(1).pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
BAB VI(1).pdf Download (192kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Sikap Sosial, Kegiatan Jum’at Berkah Sikap memperdulikan masyarakat mengaharuskan kita untuk mengesampingkan ego dan menumbuhkan empati kepada masyarakat. Hal inilah yang menjadi tantangan dalam menumbuhkan sikap kepedulian sosial bagi pemuda yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan bangsa. Sayangnya, kini banyak pemuda indonesia yang cenderung bersikap apatis terhadap apa yang terjadi pada masyarakat sekitar. Kecenderungan untuk lebih mementingkan diri sendiri dan kelompoknya dianggap lebih menguntungkan daripada harus bersusah payah memperdulikan apa yang terjadi pada lingkungan sekitar. Hal ini yang menyebabkan kurangnya rasa empati seseorang terhadap keadaan manusia di sekitarnya. Oleh karena itu untuk membentuk karakter atau sikap sosial siswa diperlukan upaya dari keluarga ataupun dari sekolah. Setiap lembaga pendidikan menyatakan bahwa pendidikan sebagai proses sosialisasi anak dalam lingkungan sosialnya. Hal ini dilakukan oleh pihak sekolah dengan menerapkan kegiatan Jum’at berkah. Penelinitian ini dimaksdukan untuk mendeskripsiskan 1) Pelaksanaan kegiatan Jum’at berkah di SMA Muhammadiyah Kediri; 2) Pembentukan jiwa sosial siswa di SMA Muhammadiyah Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus karena penelitian ini akan mendeskripsikan menumbuhkan jiwa sosial melalui kegitan Jum’at berkah. Teknik pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa 1). Setiap lembaga pendidikan mempunyai sebuah program untuk meningkatkan kualitas siswa siswi nya. Salah satu program yang dijalankan yaitu kegiatan Jum’at berkah. Jum’at berkah dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Makanan yang sudah terkumpul dibagiakan oleh siswa untuk masyarakat sekitar. 2) Program yang direncanakan sekolah untuk menumbuhkan jiwa sosial siswa yaitu membiasakan siswa berbagi makanan dengan sesama atau orang yang lebih membutuhkan. Program ini disebut Jum’at berkah. Penumbuhan jiwa sosial siswa memiliki tujuan dan manfaat, yaitu mengharapakan kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitarnya. Manfaat dari kegiatan Jum’at berkah dapat dirasakan oleh berbagai pihak. Misalnya, bagi kepala sekolah, guru dan staf SMA Muhammadiyah. Sedangkan manfaat untuk siswa, mereka merasa bersyukur sehingga jiwa sosial dan kepekaan terhadap lingkungan mereka terbukti ketika mereka berada diluar sekolah mereka menerapkan hal yang sama.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 05:44 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 05:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
View Item |