UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMP NEGERI 8 KEDIRI

ILYAS, MUHAMMAD FANDI (2018) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMP NEGERI 8 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Pra Bab.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 1 mulai.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 2 mulai.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 3 mulai.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 4 mulai.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 mulai.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB 6 mulai.pdf

Download (150kB)

Abstract

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Nilai-nilai Agama Islam Tujuan dan fungsi pendidikan tidak hanya diarahkan untuk membawa manusia menjadi sosok potensial secara intelektual melalui transfer of knowledge saja, tetapi juga sebagai upaya pembentukan masyarakat yang berwatak, beretika, dan berestetika melalui transfer of value. Kaitannya dengan pendidikan Islam, nilai agama Islam menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Menanamkan nilai-nilai agama Islam di sekolah bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab guru pendidikan agama Islam saja tetapi paling utama adalah tugas kepala sekolah. Ada kebijakan yang digunakan kepala sekolah untuk menanamkan nilainilai agama Islam kepada siswanya. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMPN 8 Kediri? Dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat upaya menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMPN 8 Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Disini peneliti sebagai instrumen utama, jadi semua data akan diperoleh ketika adanya kehadiran peneliti ini. Penelitian ini di lakukan di SMPN 8 Kediri, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dari orang yang diamati dan diwawancarai, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang digunakan untuk mendukung data yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa yaitu: a. Melalui pembiasaan yang diterapkan kepada siswa adalah sholat dhuha, sholat dhuhur dan sholat jumat berjamaah yang sudah terjadwal, b. Melalui nasihat yang diberikan ketika kultum setelah sholat jamaah dan waktu menjadi pembina upacara, c. Melalui keteladanan yang diberikan kepala sekolah yang tidak hanya memerintah saja tetapi juga ikut melaksanakan, d. Melalui ekstrakulikuler keagamaan (2) Faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai agama Islam yaitu: a. Faktor pendukung: 1. Mayoritas siswa yang beragama Islam, 2. Sudah terdapat CCTV di lingkungan SMP Negeri 8 Kediri. 3. Masjid yang representatif. b. Faktor penghambat: 1. Siswa yang masih sering terlambat kesekolah. 2. Masih kurang minatnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:18
Last Modified: 30 Jun 2020 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item