HUDA, NURUL (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH ISLAMIYYAH AL-BADRIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISLAH BANDARKIDUL MOJOROTO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110814- Pra BAB.pdf Download (427kB) |
|
Text
932110814- BAB 1.pdf Download (268kB) |
|
Text
932110814- BAB 2.pdf Download (337kB) |
|
Text
932110814- BAB 3.pdf Download (166kB) |
|
Text
932110814- BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
932110814- BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
932110814- BAB 6.pdf Download (88kB) |
|
Text
932110814- LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, kitab kuning. Evaluasi merupakan suatu proses pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam sistem pembelajaran evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari evaluasi dapat dijadikan umpan balik bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program serta kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Islamiyyah Al-Badriyah pondok pesantren Al-Ishlah, yang menggambarkan bahwa pentingnya evaluasi pembelajaran, sehingga pembelajaran kitab kuning di Madrasah Islamiyyah AlBadriyah pondok pesantren Al-Ishlah dapat berjalan dengan baik. Teknik evaluasi pembelajaran di Madrasah Islamiyyah Al-Badriyah terdapat dua evaluasi pembelajaran meliputi tes tulis dan tes lisan. Fokus penelitian ini membahas tentang: 1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan 2. Dampak evaluasi pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Islamiyyah Al-Badriyah yaitu bentuk evaluasi yang digunakan terdiri dari evaluasi penempatan dan sumatif, sedangkan teknik tes yang digunakan menggunakan tes tulis dan tes lisan, dan teknik pengambilan nilai yang digunakan diambil dari hasil semesteran dan nilai harian. 2) dampak evaluasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Islamiyyah AlBadriyah memiliki 2 dampak, yaitu 1) memotivasi minat belajar siswa menjadi lebih giat 2) menjadi tolak ukur ketercapaian pembelajaran yang sudah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:37 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1216 |
Actions (login required)
View Item |