Bahtiar, Muhammad Yusuf (2023) Pembelajaran Al-Qur'an Melalui Metode Wafa SDIT Bina Insani Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113019_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932113019_BAB1.pdf Download (534kB) |
|
Text
932113019_BAB2.pdf Download (841kB) |
|
Text
932113019_BAB3.pdf Download (791kB) |
|
Text
932113019_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text
932113019_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
932113019_BAB6.pdf Download (294kB) |
|
Text
932113019_Daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text
932113019_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI yusuf.pdf Download (425kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab umat islam yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad Saw, maka sudah selayaknya sebagai umat islam diharuskan dapat membaca dan memahaminya. Cara mempelajari al-Qur’an adalah dengan menggunakan metode. Salah satu metode pembelajaran al-Quran yang terdapat di Indonesia adalah metode wafa. Metode ini memadukan antara otak kiri berupa pengalaman yang bersifat jangka pendek dan otak kanan yang berisi kreativitas, imajinasi, gerak emosi senang dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode Wafa di SDIT Bina Insani Lirboyo Kediri, mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode Wafa di SDIT Bina Insani Lrboyo Kediri dan mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran al-Qur’an dengan metode Wafa di SDIT Bina Insani Lirboyo Kediri.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus atau biasa dikenal dengan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang meliputi; obserasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara, yakni,; reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, melakukan bimbingan kepada calon guru yang belum mempunyai ijazah metode Wafa, mengatur jadwal pembelajaran metode Wafa, menyiapkan RPP, dan mempelajari materi yang akan di ajarkan. Kedua, pembelajaran al-Qur’an mencangkup tiga aspek meliputi membaca, menulis dan tahfidz. Pembelajaran dilakukan dengan berkelompok dengan di bagi menjadi 2 kelas (kelompok kelas bawah dan atas). Pembelajaran membaca menggunakan sistem talaqqi dengan nada hijaz, pembelajaran menulis dengan menggunakan buku panduan dari lembaga dan pembelajaran tahfidz dengan menggunakan sistem talaqqi dan setoran. Ketiga, faktor pendukung meliputi peran sekolah dalam mendung pembelajaran al-Qur’an dan peran orang tua ketika dirumah sedangkan faktor penghambat meliputi faktor lingkungan yang mempengarui siswa, terdapat pengelompokan siswa kurang tepat dan terdapat siswa yang susah dikendalikan. Kata Kunci: pembelajaran al-Qur’an, metode dan metode Wafa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD YUSUF BAHTIAR |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 04:06 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 04:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12159 |
Actions (login required)
View Item |