UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 1 PRAMBON NGANJUK

Sari, Kurnia Silvi Mustika (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 1 PRAMBON NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Meningkatkan Baca Al-Qur’an Pembelajaran al-Qur’an teramat penting dalam era modern ini. Al-Qur’an merupakan kalam Allah Swt. bacaan yang bukan sekedar untuk dibaca namun juga dipahami cara membacanya, isinya dan kandungannya, maka sangat penting bagi suatu lembaga untuk berupaya meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an para siswanya. Adapun fokus yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an Siswa SMA Negeri 1 Prambon kabupaten Nganjuk. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMA Negeri 1 Prambon kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Data didapatkan dari hasil wawancara dari kepala sekolah, guru PAI, guru pembimbing dan peserta Majelis Ta’lim, hasil observasi kegiatan dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yakni mengamati data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya-upaya yang dilakukan guru PAI dalam kegiatan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, yaitu mengadakan jam tambahan membaca AlQur’an dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler Majelis Ta’lim baca al-Qur’an., melakukan pemilihan dan pembinaan tutor sebaya, mengelompokkan peserta berdasarkan kemampuan, menggunaan metode Tilawati, melayani konsultasi untuk tutor sebaya setiap kali selesai mengajar, dan memberikan motivasi untuk peserta. 2) Faktor pendukung dalam kegiatan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an adalah banyak guru yang berlatar belakang pondok pesantren, siswa-siswinya antusias mengikuti kegiatan, kelengkapan sarpras, dan terdapat program terjadwal dalam kegiatan Majelis Ta’lim baca al-Qur’an. Adapun faktor penghambatnya adalah tutor sebaya tidak mendapat kartu prestasi khusus untuk menilai peserta Majelis Ta’lim baca alQur’an, terganggunya jadwal Majelis Ta’lim yang bertepatan dengan kegiatan sekolah dan hari libur serta laporan tidak tuntas pada jadwal konsultasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:24
Last Modified: 15 Jun 2020 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item