HANDANI, ARINA (2017) Peran Guru Dalam Menanamkan Life Skill Education pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang ) Tahun 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
pra bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB II-1.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_DAFTAR NAMA PESERTA DIDIK CALON PENERIMA BOSDA ke 2.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
Abstract
Salah satu tugas guru dalam pendidikan adalah memberikan wawasan ilmu pada peserta didik. Life Skill Education adalah pendidikan yang pada umumnya diberikan pada anak normal. Namun di SMPLB Muhammadiyah Jombang ini menanamkan life skill pada ABK dengan salah satu tujuannya kemandirian siswa ABK. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang peran guru dalam menanamkan life skill education pada anak berkebutuhan khusus dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 3) Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang, 4) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan Life Skill Education pada anak berkebutuhan khusus kelas VIII di SMPLB Muhammadiyah Jombang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Guru sebagai pengajar menyampaikan materi sebelum ketrampilan life skill , dan menjadi fasilitator. (2). Guru sebagai pembimbing merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu proses pelatihan kecakapan hidup, membimbing peserta didik ketika dalam kesulitan. (3). Guru sebagai pelatih berperan dalam membentuk keahlian dasar pada anak berkebutuhan khusus sesuai potensi masing-masing anak. (4). Faktor penghambat antara lain kondisi anak, biaya yang masih minim, stigma masyarakat. Faktor pendukung yaitu motivasi orang tua, sikap sabar guru, dan media berupa internet.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 01:06 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 01:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |