Perspektif 'Urf Terhadap Uang Panai' Pernikahan Adat Suku Bugis Makasar (Studi Kasus Di Kelurahan Salekoe Kota Palopo Sulawesi Selatan)

Awalia. S, Riski (2020) Perspektif 'Urf Terhadap Uang Panai' Pernikahan Adat Suku Bugis Makasar (Studi Kasus Di Kelurahan Salekoe Kota Palopo Sulawesi Selatan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931107417_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931107417_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931107417_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931107417_bab3.pdf

Download (990kB)
[img] Text
931107417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
931107417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
931107417_bab6.pdf

Download (390kB)
[img] Text
931107417_daftarpustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
931107417_suratpernyataan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RISKI AW ALIA S, 2021, Dosen Pembimbing : Dr. Ulin Na'mah, M.Ag dan Hizbulloh Hadziq, S.H.I, M.Pd.l: Perspektif 'Urf Terhadap Tingginya Uang Panai' Pernikahan Adat Suku Bugis Makassar, Studi Kasus di Kelurahan Salekoe, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari'ah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Tradisi Uang Panai', 'Urf Walimah atau acara resepsi pernikahan merupakan suatu bentuk anjuran yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberitahukan kepada keluarga masing-masing mempelai, para tetangga dan masyarakat sekitar bahwa mereka telah resrni menikah. Selain itu walimatul 'urs atau acara resepsi pernikahan juga bertujuan sebagai bentuk siaturahrni dan mempererat tali persaudaraan. Saat ini dalam menggelar acara resepsi pemikahan terdapat berbagai macam bentuk acara yang berbeda sesuai dengan tradisi adat istiadat yang telah diturunkan secara turun temurun dari para leluhur. Salah satu tradisi tersebut adalah kebiasaan para suku Bugis yang akan merninta uang panai' (uang pesta) kepada pihak pria yang ingin menikahi anak perempuan mereka, uang tersebut nantinya akan digunakan untuk melangsungkan acara resepsi pernikahan. Akan tetapi bagi kebanyakan masyarakat hal ini dianggap memberatkan karena uang yang diminta biasanya tidak sedikit. Pemyataan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa tujuan pemberian uang panai' dalam adat pernikahan suku Bugis Makassar di Kelurahan Salekoe Kota Palopo dan konsep kafaah dalam perkawinan ini, (2) Bagaimana pandangan 'Urf terhadap tingginya uang panai' dalam pernikahan suku Bugis Makassar ini. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan sumber data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara langsung kepada orang yang lebih mengetahui tentang uang panai' dalam perkawinan ini, baik kepada Tokoh Agama, maupun masyarakat yang telah menggunakan uang panai' dalam pemikahan anaknya. Selain itu juga didukung oleh jurnal maupun dokumen penting yang berhubungan dengan penelitian ini. Setelah semua terkumpul tahap selanjutnya yaitu tahap analisis, yang mana memadukan teori dengan fenomena yang ada pada masyarakat. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari uang panai' dalam perkawinan suku Bugis yaitu digunakan untuk menjunjung tinggi kehormatan pihak mempelai wanita. Selain itu, sebagai ikhtiar (usaha) memberikan yang terbaik dan juga melestarikan adat suku Bugis sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tradisi uang panai' dalam perkawinan di Kelurahan Salekoe ini termasuk dalam urf sahih, karena masyarakat menggunakan adat tersebut sebagai ikhtiar (usaha) menghormati dan menghargai pihak mempelai wanita dan untuk melestarikan adat suku Bugis saja.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: RISKI AWALIA S
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:03
Last Modified: 07 Feb 2024 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item