Kreativitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MTs PSM Kedungombo Tanjunganom Nganjuk

MUSYAFA' ALI, M. IMAM (2023) Kreativitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MTs PSM Kedungombo Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119218_pra bab.pdf

Download (843kB)
[img] Text
932119218_bab1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932119218_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932119218_bab3.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932119218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
932119218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932119218_bab6.pdf

Download (17kB)
[img] Text
932119218_daftar_pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
surat pernyataan.pdf

Download (397kB)

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam pendidikan karena guru adalah seseorang yang memiliki tanggungjawab untuk mengajarkan suatu ilmu pengetahuan, mendidik murid dalam hal ini bertujuan untuk mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik. Proses mendidik merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan, sehingga dibutuhkan kreativitas dalam proses pemberian pengarahan, dorongan, dan memberikan pelatihan. Selain pentingnya peran guru juga dibutuhkan kegiatan pembelajaran yang efektif untuk dapat memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas. Efektivitas juga bisa diartikan sebagai cara mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan. Oleh karena itu, peneliti akan melihat bagamana kreativitas guru Akidah Ahklak untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang telah diterapkan di Mts Psm Kedungombo Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Fokus pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya kreativitas guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajran akidah akhlak di MTs Psm Kedungombo. (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Psm Kedungombo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, dengan mengambil latar belakang di MTs Psm Kedungombo Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dari tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak di MTs PSM Kedungombo Tanjunganom Kabupaten Nganjuk memiliki kreativitas dalam proses pembelajaran. (1) Kreativitas yang dimiliki guru Akidah Akhlak pada penelitian ini yaitu (a) bepikir lancar yaitu dengan penguasaan materi secara mendalam (b) berpikir luwes yaitu dengan memberikan perhatian lebih, nasehat dan motivasi kepada para siswanya (c) berpikir orisinil yaitu dengan menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran (d) keterampilan elaborasi yaitu dengan memberikan berbagai tugas kepada siswanya. (2) faktor penghambat dan pendukung (a) faktor pendukung dengan memanfaatkan teknologi dunia digital, memanfaatkan perpustakaan, dan fasilitas sekolah (b) faktor penghambat yaitu kurangnya kesiapan siswa dalam belajar, faktor kesehatan, faktor dukungan keluarga, dan juga dari segi pergaulan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. IMAM MUSYAFA` ALI
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:46
Last Modified: 06 Feb 2024 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item