Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Etika Berpakaian Pada Peserta Didik Di MTS Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri

Khasanah, Nur Lailatul (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Etika Berpakaian Pada Peserta Didik Di MTS Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131119_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131119_bab1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932131119_bab2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932131119_bab3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932131119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932131119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932131119_bab6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932131119_daftarpustaka.pdf

Download (171kB)
[img] Text
932131119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (269kB)

Abstract

Peran guru akidah akhlak adalah memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para siswanya. Dalam mengajar guru akidah akhlak memegang peranan yang sangat penting. Di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri terdapat peserta didik yang berpakaian sesuai dengan aturan madrasah yang telah ditentukan dengan berseragam longgar dan panjang, ada juga peserta didik yang berpakaian tidak mengikuti aturan madrasah. Namun pakaian yang mereka kenakan tidak sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku atau disebut dengan tindakan pelanggaran di madrasah. Melihat fenomena seperti itu peran guru akidah akhlak sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana etika berpakaian peserta didik di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri 2) bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam membina etika berpakaian pada peserta didik di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri 3) apa saja kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina etika berpakaian peserta didik di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, 1) etika berpakaian peserta didik di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri sudah berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ditetapkan oleh madrasah, karena sebagian besar dari siswa menerapkan etika berpakaian yang baik dan sopan namun masih ada beberapa siswa yang melanggar aturan madrasah. 2) peran guru dalam membina etika berpakaian peserta didik di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri meliputi peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, dan peran guru sebagai suri tauladan. 3) kendala-kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina etika berpakaian peserta didik diantaranya: pertama, kendala dari siswi itu sendiri yang kurang diperhatikan dan kesadaran dalam menaati aturan-aturan yang berlaku di lingkungan madrasah. Kedua, kendala kurang optimal pengawasan orangtua terhadap anaknya dirumah. Dan ketiga, kendala dari lingkungan sekitar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Lailatul Khasanah
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:39
Last Modified: 21 Feb 2024 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item