Upaya Keluarga Single Parent Dalam Memenuhi Standar Kelayakan Hidup di Desa Mlilir Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk

Nisa, Aliffiani Khoirun (2023) Upaya Keluarga Single Parent Dalam Memenuhi Standar Kelayakan Hidup di Desa Mlilir Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933710818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933710818_bab1.pdf

Download (929kB)
[img] Text
933710818_bab2.pdf

Download (869kB)
[img] Text
933710818_bab3.pdf

Download (909kB)
[img] Text
933710818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
933710818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933710818_bab6.pdf

Download (624kB)
[img] Text
933710818_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933710818_LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (228kB)

Abstract

ALIFFIANI KHOIRUN NISA, Dosen Pembimbing DR. M. QOMARUL HUDA, M.Fil.I dan GIGIH WAHYU PRATOMO, M.A, Upaya Keluarga Single Parent Dalam Memenuhi Standar Kelayakan Hidup di Desa Mlilir Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Skripsi, Program Studi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Upaya, Keluarga Single Parent, Standar Kelayakan Hidup. Keluarga single parent adalah keluarga yang hanya terdapat satu orang tua, baik itu ayah maupun ibu. Keluarga single parent sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena mereka cenderung memiliki stigma negatif tentang single parent tanpa mengetahui permasalahan apa yang dialami oleh single parent tersebut. Menjadi seorang single parent tentu saja tidak mudah. Mereka berjuang seorang diri dan melakukan berbagai upaya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial single parent di Desa Mlilir dan upaya single parent dalam memenuhi standar kelayakan hidup keluarganya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh data dari single parent di Desa Mlilir, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menganalisis data dengan menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Permasalahan penelitian ini yaitu kondisi sosial keluarga single parent di Desa Mlilir dan upaya single parent dalam memenuhi standar kelayakan hidup keluarganya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial keluarga single parent di Desa Mlilir dan bagaimana upaya mereka untuk memenuhi standar kelayakan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan single parent di Desa Mlilir adalah 1). Cenderung merasa terasingkan, minder secara sosial, perasaan bersalah kerap kali muncul karena merasa gagal tidak bisa memenuhi apa yang dibutuhkan anak-anakya, dan mereka juga merasa kesulitan membagi waktu untuk bekerja dan mengurus anak. Selain itu, single parent melakukan beberapa tindakan untuk membantu anak-anak mereka tumbuh dengan sikap positif. 2). Mereka memberikan contoh tauladan yang baik agar dapat diterapkan oleh anak-anak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa dari mereka disibukkan dengan pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidup karena mereka menginginkan kehidupan yang layak untuk keluarganya meskipun tanpa adanya seorang pendamping, dan sebagai makhluk sosial mereka juga ikut berpartisipasi ketika ada kegiatan tertentu di lingkungan sekitar. Hasil lain menunjukkan bahwa keluarga single parent di Desa Mlilir juga mengkonsumsi buah dan sayur agar mendapatkani gizi yang seimbang. Mereka juga kerap kali pergi rekreasi dengan anak-anaknya untuk menghilangkan stress.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1607 Social Work (Kesejahteraan Sosial) > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: ALIFFIANI KHOIRUN NISA
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:14
Last Modified: 24 Jan 2024 09:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11719

Actions (login required)

View Item View Item