Wijayanti, Ardian (2017) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kediri) di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
COVER_HALAMAN PRA BAB.pdf Download (929kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (131kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_TATA TERTIB PESERTA DIDIK SMANGAD.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam adalah salah satu usaha dari sekolah untuk melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter dan membentuk karakter peserta didik sesuai ajaran agama supaya mempunyai kepribadian yang unggul pada diri peserta didik. Terlebih lagi pada sekolah umum atau tingkat SMA, pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan agama Islam sangat diperlukan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) karakter yang dibudayakan atau dikembangkan oleh sekolah yang harus dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kediri, 2) pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) karakter yang dibudayakan atau dikembangkan oleh sekolah yang harus dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kediri yaitu religius, disiplin, sopan santun, tanggung jawab, kreatif, dan peduli lingkungan, 2) pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kediri yaitu bertujuan untuk membentuk dan melakukan penanaman nilai-nilai karakter peserta didik menjadi lebih baik sesuai dengan ajaran agama. Penanaman nilai-nilai karakter peserta didik dilaksanakan dengan mendidik peserta didik melalui keteladanan dari pihak sekolah, kebiasaan yang selalu diterapkan di sekolah, pengawasan dan pendampingan bersama yang dilakukan oleh semua guru dan pihak sekolah, pemberian reward dan punishment pada peserta didik, serta penerapan kedisiplinan yang selalu dilakukan dengan pembiasaan dan keteladan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 02:04 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 02:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |