Usaha Budidaya Buah Alpukat Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Berkah Bibit Dusun Kunti, Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri)

Kartikasari, Eliza Nazlil (2023) Usaha Budidaya Buah Alpukat Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Berkah Bibit Dusun Kunti, Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931313418_prabab.pdf

Download (280kB)
[img] Text
931313418_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
931313418_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
931313418_bab3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
931313418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
931313418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
931313418_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
931313418_daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
931313418_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK ELIZA NAZLIL KARTIKASARI, Dosen pembimbing Dr. Sulistyowati, SHI, MEI dan M. Soleh Mauludin, SE, MSI: Usaha Budidaya Buah Alpukat Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Mranggen, Dusun Kunti, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri). Kata Kunci : Pendapatan, Budidaya, Masyarakat Pendapatan adalah nilai maksimum dikonsumsi atau digunakan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dengan harapan keadaan akan sama seperti pada akhir periode dalam keadaan kembali ke keadaan aslinya. Usaha berkah bibit menerapkan budidaya buah alpukat di desa mranggen sebagai salah satu cara untuk mengembangkan usaha berkah bibit dengan mengajak masyarakat desa mranggen untuk berpatisipasi dalam pembibitan buah alpukat. Teknik pemeliharaan tanaman terdapat beberapa tahapan yaitu pengemburan tanah, penyiraman, pemangkasan tanaman, pengendalian hama dan penyakit, serta pemupukan. Dengan adanya kerjasama yang dilakukan berkah bibit terhadap masyarakat, Masyarakat dapat terbantu dalam pendapatan tambahan yang diperoleh dari berkah bibit dan usaha berkah bibit bisa menjalin hubungan sosial lebih erat pada masyarakat sehingga usaha berkah bibit dapat berkembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Penelitian ini melalui pendekatan (field research). yaitu penelitian berusaha menggambarkan situasi dan kejadian. Subjek penelitian ini adalah Berkah Bibit, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan peneliti untuk menjelaskan bagaimana usaha budidaya buah alpukat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Dusun Kunti, Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Tahap-tahap penelitian antara lain tahap persiapan, tahap pendapatan masyarakat, tahap analisis data dan tahap kepenulisan laporan. Berdasarkan hasil analisis ini Usaha berkah bibit ini dalam menjalankan usaha tidak berjalan sendiri, berkah bibit mengajak masyarakat yang mempunyai lahan luas berkejasama untuk merawat bibit dari kecil sampai siap jual. Dan dalam menjalankan usahnya berkah bibit menerapkan prinsip ekonomi islam yaitu prinsip tauhid, prinsip khilafah, prinsip keadilan, Prinsip tazkiyah, prinsip Al-falah. Kerjasama antara masyarakat dan berkah bibit dalam hal pembibitan membuat masyarakat mendapatkan pendapatan tambahan sehingga pendapatan masyarakat mengalami kenaikan. Perkembangan usaha berkah bibit melalui kerjasama yang dilakukan antara berkah bibit dan masyarakat yaitu berkah bibit memberikan modal benih bibit kepada masyarakat yang ikut berkejasama selanjutnya masyarakat merawat benih tersebuh sampai benih tersebuh siap untuk dijual. Dalam pembagian hasil usaha bibit berkah mengambil keuntungan Rp. 500/seding dari masyarakat yang telah membantu melakukan pembibitan bauh alpukat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Eliza Nazlil Kartika Sari
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:44
Last Modified: 09 Jan 2024 03:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item