Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring

Rojafia, Safa'atus Nur (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134416_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932134416_bab1.pdf

Download (737kB)
[img] Text
932134416_bab2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932134416_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
932134416_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
932134416_bab5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932134416_daftarpustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932134416_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (70kB)

Abstract

Safa’atus, Nur Rojafia 2016. Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. (2) Muhammad Nabil Khasbullah, M. Pd.I. Kata Kunci: Penddikan Karakter, Penerimaan diri, Berpikir Positif, Ikhlas, Sabar. Di era digitalisasi sekarang pendidikan karakter selalu menjadi topic yang menarik untuk dibahas. Terutama di Negara Indonesia karakter sebuah bangsa Indonesia harus selalu melekat di setiap warga Negara Indonesia. Tidak hanya menjadi manusia yang cerdas saja, tetapi manusia yang memiliki akhlak dan moral yang baik akan selalu menjadi karakter warga Negara Indonesia. Kata karakter memiliki arti watak, tabiat, sifat-sifat, kejiwaan, budi pekerti, kepribadian dan akhlak. Karakter seorang manusia dalam kehidupan sehari-hari terlihat dalam perilakunya dalamkehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan (library research) penelitian yang memanfaatkan sumber bacaan dan literature yang ada diperpustakaan, membaca serta mengolah bahan untuk memperoleh materi yang diperlukan dan mendukung dalam penelitian. Studi pustaka membatasi proses penelitiannya hanya pada bahan koleksi perpustakaan dan literature yang mendukung data penelitian tanpa memerlukan riset lapangan. Pendekatan diskriptif kualitataif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan ini merupakan metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia serta peneliti tidak berusaha menghitung data kualitatif yang diperoleh Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku filosofi teras yang meliputi karakter penerimaan diri (self acceptance), positif thingking, ikhlas, dan sabar. dalam buku Filosofi Teras mengajarkan bagaiman cara menerapkan pendidikan karakter tersebut. 2) Dalam buku Filosofi Teras terdapat relevansi atau hubungan dalam pendidikan agama islam terutama terkait akhlak dan moral atau pendidika karakter yang harus dimiliki sebagai seorang muslim yang berakhlak mulia. Akhlak mulia tersebut meliputi penerimaan diri atau bersyukur, positif thingking atau husnudzan, ikhlas, dan sabar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SAFA'ATUS NUR ROJAFIA
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:06
Last Modified: 09 Jan 2024 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11502

Actions (login required)

View Item View Item