Peran Badan Usaha Milik Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri Dalam Meningkatkan Perekonomian Pondok Ditinjau Dari Produksi Islam

Riana, Rina (2023) Peran Badan Usaha Milik Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri Dalam Meningkatkan Perekonomian Pondok Ditinjau Dari Produksi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931310118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931310118_bab1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
931310118_bab2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
931310118_bab3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
931310118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
931310118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
931310118_bab6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
931310118_daftarpustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

RINA RIANA, Dosen Pembimbing Dr. Sulistyowati, SHI, MEI, dan Sidanatul Janah, MH., Peran Badan Usaha Milik Pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri Dalam Meningkatkan Perekonomian Pondok Ditinjau Dari Produksi Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Unit Usaha, Perekonomian Pondok Pesantren, Produksi Islam Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) merupakan salah satu lembaga yang berada dibawah naungan pondok pesantren. BUMP dibentuk dengan tujuan untuk menaungi unit-unit usaha yang dimiliki dan dikelola oleh pengurus pondok pesantren. Unit usaha yang ada beragam dengan pertimbangan usaha-usaha yang mampu bersaing dengan usaha-usaha yang ada dalam masyarakat. Unit usaha yang dikelola melayani produksi baik berupa barang maupun jasa. Harapannya, dengan adanya BUMP ini selain akan bermanfaat bagi pesantren dan santri. Namun untuk saat ini BUMP masih berfokus pada lingkungan pesantren. Dalam kegiatan pengelolaannya, BUMP melakukan kegiatan dengan berdasarkan pada konsep produksi Islam seperti ketekunan dalam bekerja, memproduksi dalam lingkaran halal, pemanfaatan bahan baku sewajarnya, serta taat pada peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana metode yang digunakan adalah metode deskripsi dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer yang diperoleh dari kegiatan observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yang berupa dokumen, arsip, buku, dan sebagainya. Teknik yang digunakan dalam analisi data berupa penyajian data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Dengan keabsahan data dicek melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan semua unit usaha yang dimiliki BUMP Fathul ‘Ulum dilakukan secara mandiri oleh para santri pondok pesantren Fathul ‘Ulum. Dalam perjalanannya, BUMP Fathul ‘Ulum memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian pesantren, diantaranya melakukan usaha kemandirian ekonomi pesantren dalam memenuhi kebutuhan para santri, melibatkan santri sebagai tenaga kerja dalam mengelola unit usaha, memberikan kontribusi kepada pesantren dengan pengembangan fasilitas pesantren, dan pembayaran bisyaroh ustad. Dalam pelaksanaannya, BUMP Fathul ‘Ulum berpegang teguh dengan nilai dan konsep produksi Islam. Dimana untuk mendapatkan manfaat materiil maupun non-materiil, BUMP memperhatikan kinerja para anggota BUMP, menjaga konsistensi, bertanggungjawab, memperhatikan kehalalan bahan baku maupun hasil produksi yang mana tetap berpegang pada ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Rina Riana
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:42
Last Modified: 10 Jan 2024 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item