Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mugi Rahayu Sejahtera

Aldama, Fentri Nadia (2024) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Pembiayaan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mugi Rahayu Sejahtera. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931207619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931207619_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931207619_bab2.pdf

Download (808kB)
[img] Text
931207619_bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
931207619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
931207619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
931207619_bab6.pdf

Download (229kB)
[img] Text
931207619_daftarpustaka.pdf

Download (332kB)
[img] Text
SPU sentria.pdf

Download (304kB)

Abstract

Kesadaran masyarakat akan kesejahteraan ekonomi menjadikan dasar untuk membangun sebuah perekonomian yang kreatif dan bersaing. Dengan berkembangnya lembaga keuangan syariah maka dapat mendorong dalam mencukupi kebutuhan setiap aktivitas ekonomi masyarakat. Lembaga keuangan syariah yang praktik pembiayaannya berdasarkan pinsip-prinsip moral dengan mempertimbangkan halal dan haram sebuah usaha yang dijalankan sesuai dengan syariah. Akan tetapi meski telah ada aturan tersebut masih banyak yang melakukan praktik pembiayaan tidak sesuai dengan prinsip syariah. Praktik pembiayaan yang seringkali tidak melakukan yang sesuai dengan prinsip syariah adalah koperasi, seperti pada KSPPS Mugi Rahayu Sejahtera yang berada di Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Maka rumusan masalah ini adalah 1) Faktor apa saja yang melatarbelakangi praktik pembiayaan pada KSPPS Mugi Rahayu Sejahtera? 2) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap praktik pembiayaan di KSPPS Mugi Rahayu Sejahtera? Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yakni jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan empiris, sumber data yang digunakan adalah primer yang diperoleh langsung dari pihak KSPPS dan anggota KSPPS dan sumber data sekunder yaitu data pendukung melalui buku, jurnal, internet. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan faktor yang melatarbelakangi adanya fenomena tersebut adalah kurangnya pengetahuan mengenai prinsip syariah yang dilaksanakan pada KSPPS Mugi Rahayu Sejahtera, terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM), serta ketakutan akan tingkat kejujuran anggota. Praktik pembiayaan di KSPPS Mugi Rahayu Sejahtera menurut tinjauan sosiologi hukum Islam berdasarkan pendekatan M. Atho’ Mudzhar yaitu pengaruh hukum Islam terhadap masyarakat dan perubahan masyarakat, adanya ketetapan hukum Islam yang dijadikan dasar oleh koperasi sangat berpengaruh terhadap perubahan masyarakat Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, nyatanya masyarakat mampu mendirikan koperasi yang berbasis syariah. Namun, karena kurangnya pengetahuan dan pendampingan sehingga perubahan masyarakat dalam hal koperasi masih belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah Mengenai praktik pembiayaan syariah yang dipengaruhi oleh faktor sosial dalam masyarakat, serta pengaruh hukum Islam terhadap perubahan masyarakat. Dimana anggota KSPPS ini yang seluruhnya beragama Islam seharusnya juga menerapkan prinsip syariah, akan tetapi belum sepenuhnya diterapkan karena faktor yang melatarbelakangi diakukannya pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012718 ‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: FENTRI NADIA ALDAMA
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:37
Last Modified: 08 Jan 2024 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item