Peran Program Entrepreneurship Pondok Pesantren Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri)

Sa'adah, Imnatus (2023) Peran Program Entrepreneurship Pondok Pesantren Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
934115819_prabab.pdf

Download (361kB)
[img] Text
934115819_bab1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
934115819_bab2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
934115819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
934115819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
934115819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
934115819_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
934115819_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Imnatus.pdf

Download (293kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan suatu kajian ilmiah yang membahas tentang peran program entrepreneurship pondok pesantren dalam menumbuhkan jiwa wirausaha santri di pondok pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana bagaimana pelaksanaan program entrepreneurship dalam menumbuhkan jiwa wirausaha santri pondok pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri dan bagaimana dampak program entrepreneurship dalam menumbuhkan jiwa wirausaha santri pondok pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain dengan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan apa yang telah dipaparkan oleh peneliti terkait peran program entrepreneurship pondok pesantren dalam menumbuhkan jiwa wirausaha santri di Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri bisa ditarik kesimpulan seperti berikut ini : (1)Pelaksanaan kewirausahaan yang dijalankan oleh Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri adalah memfokuskan kegiatan kewirausahaan kepada santri berupa kegiatan pelatihan kewirausahaan, seminar kewirausahaan dan praktik lapangan secara langsung oleh santri Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Tiga kegiatan tersebut menjadi bentuk pelaksanaan kewirausahaan yang di implementasikan pesantren dalam mengembangkan kewirausahaan pesantren dan keseluruhan yang mengelolah kewirausahaan pesantren yaitu santri yang bermukim pada pondok pesantren tersebut, (2) Sebagai pondok pesantren yang berorientasi sebagai pesantren yang menjalankan pengembangan ekonomi santrinya. Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri berupaya untuk melaksanakan perannya semaksimal mungkin sebagai lembaga yang meningkatkan ilmu agama, pendidikan formal dan kewirausahaan serta pengembangan ekonomi santrinya. Adapun bentuk pengembangan yang diajalankan oleh Pondok Pesantren Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri dalam menumbuhkan jiwa wirausaha santri yaitu dengan : (1) Melakukan peningkatan ilmu pengetahuan kewirausahaan dan skill santri melalui kegiatan pendidikan formal maupun non formal, (2) Mengelolah bidang kewirausahaan yang ada di Pondok Pesantren untuk bentuk mengimplementasikan atau langsung lapangan untuk melatih mental jiwa kewirausahaan serta kemandirian ekonomi santri,(3) Mempunyai minat dalam membuka wirausaha setelah keluar dari pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Imnatus Sa'adah
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:42
Last Modified: 29 Dec 2023 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item