Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Haji Dan Umroh (Studi Kasus Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri)

Taqwiyan, Ahsana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Haji Dan Umroh (Studi Kasus Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501004_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (939kB)
[img] Text
BAB 1_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (304kB)
[img] Text
BAB 3_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (7MB)
[img] Text
BAB 4_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (242kB)
[img] Text
BAB 6_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_21501004_Ahsana Taqwiyan.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (167kB)
[img] Text
21501004_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fakta di mana efektivitas pembelajaran materi Haji dan Umroh di SMP Negeri 1 Kota Kediri dirasa masih kurang akibat media pembelajaran yang ditengarai belum memenuhi kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kebutuhan media pembelajaran pada materi Haji dan Umroh kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri, (2) Mendesain produk, (3) Mengembangkan produk, (4) Menunjukkan penggunaan produk, dan (5) Mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android pada materi Haji dan Umroh kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri. Jenis penelitian dan pengembangan yang diterapkan adalah dengan mengadopsi model ADDIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Adapun analisis data kualitatif dilakukan dengan mengadopsi model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara analisis data kuantitatif dilakukan dengan menerapkan analisis Uji Beda T dalam rangka mengetahui tingkat efentivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dibutuhkan pada materi Haji dan Umroh kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri adalah media pembelajaran berbasis android. (2) Desain pengembangan media dilakukan dengan mengadopsi model ASSURE oleh Heinich dkk. yang mencakup pertimbangan karakteristik peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri, jumlah peserta didik, ketersediaan fasilitas sekolah, dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) pada materi Haji dan Umroh. Sebagai tindak lanjut, peneliti melakukan desain awal media pembelajaran melalui aplikasi Canva untuk kemudian dikembangkan melalui aplikasi Flutter. (3) Pengembangan media pembelajaran ini melibatkan tim ahli yang telah menyatakan “sangat layak” dengan persentase sebesar 90% dari ahli media, 92,08% dari ahli materi, dan 97,5% dari ahli desain. (4) Implementasi produk dilakukan pada peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 1 Kota Kediri dengan mengacu pada RPP yang telah dimodifikasi. (5) Pengembangan media pembelajaran berbasis android dinyatakan efektif untuk materi Haji dan Umroh pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Kota Kediri yang dibuktikan dengan perhitungan Uji-T di mana T-hitung didapati sebesar 8,354 > dari T-tabel yakni 1,72472, sehingga hipotesis alternatif diterima (H0 ditolak dan Ha diterima). Adapun hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis android ini berupa aplikasi bernama PAIJAH yang dapat digunakan pada peserta didik baik individual maupun klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahsana Taqwiyan
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:00
Last Modified: 21 Dec 2023 08:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item